Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Burung dengan Kicau Paling Indah di Dunia, Apa Saja?

Kompas.com - 01/11/2022, 15:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber AZ Animals

JAKARTA, KOMPAS.com - Kicau burung bisa dibilang sebagai suara paling indah di alam. Kicau burung dianggap salah satu keistimewaan yang dimiliki burung dibanding hewan lainnya. 

Mendengar burung berkicau, baik burung peliharaan maupun burung di alam liar, memberi ketenangan serta kenyamanan. 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Burung Merpati, Veteran Perang dan Bisa Deteksi Kanker

Bahkan, sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa mendengar kicau burung dapat kecemasan dan paronoia. 

Ada berbagai alasan burung berkicau, dari menarik pasangan, berkomunikasi satu sama lain, membangunkan wilayah, memperingatkan burung lain untuk menghindari wilayah mereka, menandai waktu dalam sehari, hingga sebagai aktivitas yang menyenangkan. 

Nyanyian burung berkisar dari bersiul, berkicau, terkekeh, hingga melodi yang manis dan tak terlupakan. 

Meski setiap burung memiliki ciri khas kicau masing-masing, ada beberapa burung tertentu yang dianggap mempunyai kicau terindah di dunia. 

Nah, dilansir dari beberapa sumber, Selasa (1/11/2022), berikut lima jenis burung dengan kicau paling indah di dunia

Baca juga: 7 Fakta Menarik Burung Beo, Bisa Hidup Lebih dari 80 Tahun 

Common nightingale

Ilustrasi burung common nightingale atau bulbul tengah berkicau di dedaunan. Shutterstock/Karel Zahradka Ilustrasi burung common nightingale atau bulbul tengah berkicau di dedaunan.
Common nightingale atau burung bulbul atau kutilang emas disebut sebagai burung dengan kicau paling indah di dunia. Kicau burung ini digambarkan dalam banyak puisi, buku, dan opera.

Burung bulbul umum hidup di Asia, Eropa, Afrika, dan Mediterania. Nama burung bulbul sendi berarti penyanyi malam. Ya, burung common nightingale merupakan burung yang sering berkicau pada malam hari, tapi ada juga yang berkicau pada fajar. 

Dikutip dari The Mysterious World, burung bulbul biasa bernyanyi selama musim kawin. Kicau mereka yang indah menampilkan nada yang kaya, urutan berbeda, getaran dan peluit. 

Burung bulbul bernyanyi pada malam hari karena suara mereka dapat bergerak jauh  sertajelas. Kicau burung bulbul jantan dewasa memiliki lebih dari 250 variasi. 

Baca juga: Alasan Burung Beo Dapat Menirukan Ucapan Manusia

Hermit thrush

Selanjutnya, jenis burung dengan kicau paling indah di dunia adalah Hermit thrus. Meski berukuran kecil dan tampak polos, dilansir dari AZ Animals, burung hermit thrush mempunyai kicau yang merdua layaknya suara seruling.

Hermit thrush berasal dari sebagian besar Amerika Serikat dan lebih menyukai daerah berhutan di dekat tanaman yang menghasilkan buah beri. 

Burung kenari

Ilustrasi burung kenari. Burung kenari memiliki banyak jenis. Salah satu jenis burung kenari yang populer adalah Border Fancy Canary, yang sering digambarkan dalam buku, film dan film kartun.SHUTTERSTOCK/Fernando Zamora Vega Ilustrasi burung kenari. Burung kenari memiliki banyak jenis. Salah satu jenis burung kenari yang populer adalah Border Fancy Canary, yang sering digambarkan dalam buku, film dan film kartun.
Burung ini mendapat nama sesuai dengan daerah asalnya, Pulau Canary di Spanyol. Burung kenari telah dipelihara sebagai burung peliharaan sejak abad ke-17 karena kicauannya yang merdu.

Burung kenari jantan miliki kicau yang lebih baik daripada betina. Lagu-lagu mereka memiliki pola dan gaya unik. 

Baca juga: Apakah Burung Lovebird Bisa Berbicara seperti Burung Beo?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com