Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Burung dengan Kicau Paling Indah di Dunia, Apa Saja?

Mendengar burung berkicau, baik burung peliharaan maupun burung di alam liar, memberi ketenangan serta kenyamanan. 

Bahkan, sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa mendengar kicau burung dapat kecemasan dan paronoia. 

Ada berbagai alasan burung berkicau, dari menarik pasangan, berkomunikasi satu sama lain, membangunkan wilayah, memperingatkan burung lain untuk menghindari wilayah mereka, menandai waktu dalam sehari, hingga sebagai aktivitas yang menyenangkan. 

Nyanyian burung berkisar dari bersiul, berkicau, terkekeh, hingga melodi yang manis dan tak terlupakan. 

Meski setiap burung memiliki ciri khas kicau masing-masing, ada beberapa burung tertentu yang dianggap mempunyai kicau terindah di dunia. 

Nah, dilansir dari beberapa sumber, Selasa (1/11/2022), berikut lima jenis burung dengan kicau paling indah di dunia. 

Burung bulbul umum hidup di Asia, Eropa, Afrika, dan Mediterania. Nama burung bulbul sendi berarti penyanyi malam. Ya, burung common nightingale merupakan burung yang sering berkicau pada malam hari, tapi ada juga yang berkicau pada fajar. 

Dikutip dari The Mysterious World, burung bulbul biasa bernyanyi selama musim kawin. Kicau mereka yang indah menampilkan nada yang kaya, urutan berbeda, getaran dan peluit. 

Burung bulbul bernyanyi pada malam hari karena suara mereka dapat bergerak jauh  sertajelas. Kicau burung bulbul jantan dewasa memiliki lebih dari 250 variasi. 

Hermit thrush

Selanjutnya, jenis burung dengan kicau paling indah di dunia adalah Hermit thrus. Meski berukuran kecil dan tampak polos, dilansir dari AZ Animals, burung hermit thrush mempunyai kicau yang merdua layaknya suara seruling.

Hermit thrush berasal dari sebagian besar Amerika Serikat dan lebih menyukai daerah berhutan di dekat tanaman yang menghasilkan buah beri. 

Burung kenari jantan miliki kicau yang lebih baik daripada betina. Lagu-lagu mereka memiliki pola dan gaya unik. 

Burung kenari ahli dalam menirukan suara yang mereka dengar dari sekitarnya secara berulang-ulang. Pelatihan tepat dari pemilik juga dapat membuat burung kenari mempelajari berbagai jenis lagu dan suara.

Kenari roller dan keturunan burung penyanyi Amerika adalah burung dengan kicau paling luar biasa dari keluarga Canary.

Mereka menunjukkan kemampuan mempelajari nada instrumen, musik, dan suara burung lain. Burung kenari bernyanyi pada semua musim, kecuali musim panas.

Selama musim panas, burung kenari merontokkan bulu dan sebagian besar ras berhenti bernyanyi.  

Kicau burung American robin menampilkan peluit yang berbeda. Mereka mengulangi beberapa frasa untuk tiga hingga empat kali secara berurutan dalam nada berbeda. 

Kicau burung American robin menjadi lebih jelas dan menyenangkan saat fajar. Burung ini juga juga membuat panggilan alarm ketika mereka terancam predator potensial.

Burung American robin mendiami hutan pinus, daerah pegunungan, tanah semak, dan hutan. Burung ini memakan cacing tanah, serangga, juga buah-buahan. 

Summer tanager

Terakhir, jenis burung dengan kicau paling indah di dunia adalah Summer tanager. Burung berwarna cerah ini tidak biasa di dunia burung.

Sementara spesies lain berhenti bernyanyi di musim panas, Summer tanager mulai bernyanyi untuk menyambut datangnya cuaca hangat.

Burung Summer tanager jantan mempunyai bulu berwarna merah cerah dan satu-satunya burung yang benar-benar merah di Amerika Utara, sementara betina berwarna kuning cerah.

Burung ini tinggal tinggi di puncak pohon serta ahli menangkap lebah dan tawon.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/01/154000976/5-burung-dengan-kicau-paling-indah-di-dunia-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke