Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Burung Hantu yang Sering Bersuara pada Malam Hari

Kompas.com - 21/10/2022, 17:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah matahari terbenam, kebanyakan hewan akan kembali ke sarangnya untuk beristirahat, sama halnya dengan manusia.

Namun, ada beberapa hewan yang justru mulai beraktivitas pada malam hari atau dikenal hewan nokturnal, salah satunya burung hantu.  

Baca juga: Ketahui, Ini Siklus Hidup Bayi Burung Hantu

Burung hantu telah berusia 50 juta tahun atau lebih dan menghuni setiap benua, kecuali Antartika, dari tundra atau daerah beku hingga tropis.

Sebagian besar dari 250 spesies burung hantu yang diketahui aktif pada malam hari meski ada beberapa aktif pada siang hari. 

Burung hantu kerap sembunyi-sembunyi pada malam hari sambil berkicau halus, bersuara aneh, bahkan mengeluarkan pekikan menakutkan untuk membuat orang-orang menyadari kehadirannya.  

Tak heran, banyak orang yang menjadi takut. Ditambah, burung hantu kerap dikaitkan dengan dunia magis lantaran tampilannya menyeramkan dan perilakunya yang ganas. 

Dari semua burung yang berkicau pada malam hari, suara burung dianggap paling menakutkan. Burung hantu mengeluarkan berbagai macam suara, beberapa lebih mudah dikenali daripada yang lain.

Disadur dari Treehugger, Jumat (21/10/2022), berikut beberapa burung hantu yang sering bersuara pada malam hari

Baca juga: 7 Fakta Menarik Burung Hantu Putih yang Indah dan Tidak Seram

Barred owl 

Ilustrasi burung hantu barred atau barred owl.PIXABAY/kshawk108 Ilustrasi burung hantu barred atau barred owl.
Burung hantu barred owl (Strix varia) terkenal dengan serangkaian teriakan khas. Barred owl banyak ditemukan di Amerika Utara di sebelah timur Sungai Mississippi, terutama di hutan tua dan rawa-rawa berpohon.

Burung hantu ini juga mudah beradaptasi, menghuni beberapa daerah perkotaan dengan rongga pohon cukup tua yang cocok untuk bersarang.

Barred owl telah berkembang di seluruh bagian Kanada ke Pacific Northwest, tempat mereka dapat mengungguli burung hantu berbintik atau spotted owl.

Suara khas yang dikeluarkan burung hantu barred owl terdiri atas delapan atau sembilan suara kicau. 

Baca juga: 7 Jenis Burung Pemangsa yang Memukau, Ada Elang dan Burung Hantu 

Great horned owl

Great horned owl atau burung hantu bertanduk besar (Bubo virginianus) adalah burung hantu paling umum di Amerika. Barn horned owl menjadi burung hantu yang sering bersuara pada malam hari.

Burung hantu ini menghuni beragam habitat, dari Alaska hingga Argentina. Burung hantu ini memiliki tampilan mata berwarna kuning yang tajam, ukuran tubuh mengesankan, dan jumbai telinga yang khas. 

Burung hantu bertanduk besar berburu terutama pada malam hari menangani berbagai mangsa, dari tikus, katak, ular, kelinci, sigung, gagak, dan angsa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com