Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2022, 21:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Owlet adalah bayi burung hantu atau burung yang baru menetas dan belum mengembangkan bulunya sepenuhnya serta masih bergantung pada orang tuanya untuk makan, perawatan, juga keamanan.

Bayi burung hantu biasanya tidak meninggalkan sarang dalam waktu lama dan tidak dapat sepenuhnya merawat dirinya sendiri.

Baca juga: 7 Jenis Burung Pemangsa yang Memukau, Ada Elang dan Burung Hantu 

Namun, seiring bertambahnya usia, bayi burung hantu akan menjelajah di dekat area bersarang, bahkan ditemukan di tanah.

Meski tidak direkomendasikan untuk memelihara burung hantu atau menjadikannya sebagai hewan peliharaan, tak ada salah mengetahui tentang siklus hidup bayi burung hantu dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (18/10/2022), berikut ini.

 

Tentang bayi burung hantu

Ilustrasi burung hantu kecil atau bayi burung hantu.PIXABAY/sarangib Ilustrasi burung hantu kecil atau bayi burung hantu.
Sama dengan semua bayi burung, bayi burung hantu jelas berbeda dari burung dewasa. Burung muda ini memiliki bulu yang masih lembut, halus, dan umumnya tidak memiliki tanda jelas.

Namun, cakram wajah mereka adalah salah satu ciri bulu pertama yang berkembang. Bentuk, ukuran, dan warna piringan dapat sangat berguna dalam mengidentifikasi bayi burung hantu dengan tepat.

Baca juga: Antiseram, Ini 6 Jenis Burung Hantu dengan Wajah Menawan

Warna mata dan paruh juga dapat membantu mengidentifikasi bayi burung hantu meski beberapa burung muda memiliki warna sedikit berbeda dari burung dewasa.

Untuk spesies burung hantu yang memiliki jumbai telinga, bayi burung hantu juga dapat menunjukkan bulu pendek pada kepala mereka meski tidak memiliki bentuk penuh, warna, dan ketangkasan yang dimiliki burung hantu dewasa.

Sayap juga dapat berkembang lebih awal pada anak burung hantu dan burung-burung muda mungkin menunjukkan pembatas atau tanda lain pada bulu terbang pertama mereka, sementara tubuh mereka masih tertutup bulu yang tidak jelas. 

Bayi burung hantu biasanya tidak dapat terbang, tetapi mungkin telah meninggalkan sarangnya untuk memperkuat sayap dan kakinya dengan menjelajahi cabang-cabang atau bebatuan di dekatnya, memanjat atau melompat-lompat dalam proses yang disebut "bercabang." 

Baca juga: Bisakah Memelihara Burung Hantu Putih? Pertimbangkan 5 Hal Ini

Ilustrasi burung hantu kecil atau bayi burung hantu.PIXABAY/NevigeTom Ilustrasi burung hantu kecil atau bayi burung hantu.
Burung hantu muda mungkin bertengger di daerah yang tidak biasa, bahkan beristirahat langsung di tanah. Mereka mencoba ingin tahu mengenai benda-benda di dekatnya, bahkan hewan lain.

Bayi burung hantu akan menggunakan matanya yang besar dan berani untuk mengamati dunia baru mereka dengan cermat, sering kali memutar kepala untuk melihat sesuatu dari sudut berbeda.

Burung hantu muda sering tinggal dekat dengan saudara mereka dan bukan hal aneh  melihat beberapa anak burung hantu bersama-sama.

Burung hantu yang berbeda memiliki periode remaja yang berbeda dan matang dari fase anak burung hantu pada tingkat berbeda.  

Baca juga: Gunakan Gambar Burung Hantu di Rumah, Baik atau Buruk Kata Feng Shui?

Bayi burung hantu yang lebih kecil sering kali matang lebih cepat dan mungkin tidak dapat dibedakan dengan burung dewasa hanya dalam beberapa minggu setelah menetas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com