Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Punya Sayap, 6 Burung Ini Tidak Dapat Terbang

Kompas.com - 18/10/2022, 14:38 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Britannica

JAKARTA, KOMPAS.com - Burung bisa dibilang sebagai hewan yang dikaruniai sejumlah kelebihan atau keunikan dibanding hewan lainnnya sehingga membuatnya cukup banyak dijadikan sebagai peliharaan.

Selain pandai berkicau, burung juga bisa terbang. Burung mampu terbang tinggi ke mana pun dengan mengepakkan sayapnya. 

Baca juga: Ragam Alasan Burung Sering Berkicau pada Pagi Hari

Kemampuan terbang yang dimiliki burung rupanya mempunyai tujuan. Terbang membantu burung menjauh dari hewan yang ingin memakannya atau pemangsa sekaligus menjadikannya pemburu hebat.

Selain itu, terbang juga membantu burung melakukan perjalanan dari tempat dingin ke tempat hangat, yang disebut migrasi.

Kemampuan terbang yang dimiliki burung ini tak hanya membuat hewan lain cemburu, tapi juga manusia. Tak sedikit manusia yang menginginkan bisa terbang seperti burung sehingga bisa bebas ke suatu tempat yang diinginkannya.

Namun, nyatanya, tak semua burung dapat terbang meski memiliki sayap. Akibatnya, banyak burung yang tidak bisa terbang ini menjadi punah karena tidak dapat melarikan diri dari pemangsa. 

Burung tidak bisa terbang ini dapat ditemukan di seluruh dunia, terbesar di Selandia Baru. Nah, dilansir dari Britannica, Selasa (18/10/2022), berikut lima jenis burung yang tidak dapat terbang. 

Baca juga: 5 Jenis Burung Peliharaan Berumur Pendek

Penguin

Ilustrasi burung penguin, Ilustrasi penguin.PIXABAY/PollyDot Ilustrasi burung penguin, Ilustrasi penguin.
Ada 18 spesies penguin yang tidak dapat terbang. Bentuk tubuh penguin dibangun untuk berenang dan menyelam, yang membantunya bertahan hidup. 

Penguin memiliki kaki yang pendek dan tubuh kekar sehingga membuat cara berjalannya menjadi khas. Orang-orang cenderung mengasosiasikan penguin dengan Antartika, sebagian besar spesies hidup di garis lintang yang lebih tinggi.

Namun, ada beberapa penguin tinggal di daerah beriklim sedang dan penguin Galapagos sebenarnya tinggal di daerah Khatulistiwa.

Burung-burung ini juga dikenal sangat romantis dan sebagian besar monogami serta mencari pasangan yang sama setiap musim, bahkan di antara ratusan dan ribuan burung yang mungkin hidup di koloni mereka. 

Baca juga: 7 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memelihara Burung

 

Burung unta

Burung unta yang perkasa benar-benar seperti raja burung. Ini merupakan burung terbesar dengan tinggi mencapai 2,7 meter dan berat 236 kilogram.

Selain tubuh, burung unta juga memiliki telur terbesar di dunia dengan diameter 12,7 sentimeter dan berat 1,3 kilogram.

Selain itu, burung unta mempunyai kaki yang kuat yang dapat menendang pertahanan dan  berlari dengan kecepatan hingga 45 mil per jam melintasi daratan terbuka Afrika, tempat mereka tinggal. 

Namun, burung unta menjadi salah satu jenis burung yang tidak dapat terbang. Hal ini mungkin karena tubuh mereka yang besar. 

Baca juga: Arti Burung Murai Dalam Feng Shui dan Cara Menggunakannya di Rumah 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com