Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Dikira Sama, Ini Perbedaan Siberian Husky dan Serigala

Kompas.com - 20/10/2022, 17:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara kasat mata, anjing Siberian husky dan serigala memiliki penampilan yang terlihat sama, baik dari bentuk tubuh, bentuk wajah, maupun warna dan ketebalan bulu. 

Penampilan yang serupa antara Siberian husky dan serigala ini tak terlepas dari hubungan dan asal usul keduanya. 

Baca juga: Mengenal Anjing Siberian Husky, dari Sejarah, Tampilan, hingga Naluri

Beberapa studi mengatakan anjing adalah keturunan serigala. Tak heran, membuatnya memiliki tampilan atau kemiripan dengan serigala tanpa membawa naluri liar sehingga membuatnya dapat dipelihara. 

Dilansir dari Pethelpful, Kamis (20/10), anjing (Canis familiaris) merupakan keturunan serigala dan tergolong subspesies dari serigala abu-abu (Canis lupus).

Lantaran kesamaan genetik yang dekat, anjing dan serigala memiliki banyak kemiripan ciri fisik. Namun, serigala lebih kuat dengan tingkat energi dan stamina lebih tinggi. 

Meski begitu, nyatanya Siberian husky dan serigala memiliki banyak perbedaan. Walau ada beberapa bukti genetik tentang kekerabatan keduanya, ilmuwan lain berpendapat bahwa anjing dan serigala berevolusi secara terpisah dari nenek moyang yang sama. 

Nah, berikut sejumlah perbedaan Siberian husky dan serigala dilansir dari Hepper, Kamis (20/10/2022).  

Baca juga: 4 Alasan Siberian Husky Tidak Cocok Dipelihara Pemula

Gambaran Siberian husky

Ilustrasi anjing Siberian husky. Shutterstock/Sbolotova Ilustrasi anjing Siberian husky.
Siberian husky merupakan ras anjing dari keluarga Spitz bersama dengan Samoyed dan Pomeranian.

Anjing Siberian husky dirancang untuk iklim dingin dan sangat menyukai salju. Tak heran, anjing ini dibiakkan untuk menarik kereta luncur atau barang di hamparan salju Siberia oleh t orang-orang Chukchi.

Siberian husky menyukai alam bebas. Semakin dingin suhunya, semakin baik. Iklim panas tidak baik bagi Siberian husky.

Siberian husky menemukan jalan ke Amerika ketika berkompetisi dalam perlombaan kereta luncur All-Alaska Sweepstakes pada 1909.

Sejak itu, Siberian husky telah menjadi salah satu anjing favorit di Amerika. Menurut American Kennel Club (AKC), Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat, Siberian husky menempati urutan ke-12 dari 195 ras anjing sebagai anjing populer di dunia. 

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Penampilannya Mirip Siberian Husky

Kepribadian Siberian husky 

Ilustrasi anjing Siberian husky. PIXABAY/sonjalindberg Ilustrasi anjing Siberian husky.
Siberian husky adalah anjing yang vokal dengan energi sangat tinggi. Anjing ini memiliki bahasa mereka sendiri, dari serangkaian gonggongan, lolongan, rengekan, dan erangan.

Siberian husky umumnya sangat baik dengan orang-orang dari segala usia, tetapi bisa sangat hiperaktif sehingga tidak sengaja menjatuhkan anak-anak. 

Namun, ras anjing ini sangat toleran terhadap anak-anak sehingga menjadikannya anjing peliharaan keluarga yang luar biasa. Meski begitu, Anda tetap harus mengawasi interaksi anjing dengan anak kecil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com