Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Siberian Husky Tidak Cocok Dipelihara Pemula

Kompas.com - 05/09/2022, 21:50 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Bubbly Pet

JAKARTA, KOMPAS.comSiberian husky menjadi salah satu ras anjing yang kerap dipilih untuk dipelihara lantaran dapat menjadi anjing keluarga yang hebat. 

Selain itu, Siberian husky menjadi anjing peliharaan favorit di antara beberapa pencinta serigala dan anjing Alaskan malamute karena memliki tampilan yang mirip.

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Penampilannya Mirip Siberian Husky

Namun, bila baru pertama kali memelihara anjing, apakah Siberian husky menjadi pilihan yang tepat?

Dikutip dari Bubbly Pet, Senin (5/9/2022), ternyata memelihara Siberian Husky untuk pemula kurang tepat.

Siberian husky menjadi anjing yang cerdas, tapi terkenal keras kepala sehingga cukup sulit melatihnya dan membutuhkan perawatan ekstra.

Selain itu, Siberian husky membutuhkan banyak waktu untuk berolahraga dan pelatihan serta menu makanan khusus untuk menjaga bentuk tubuh dan kesehatannya.

Bila baru pertama kali memelihara anjing, pastikan memilih sahabat bulu yang sesuai dengan kepribadian Anda dan menambah nilai dalam hidup. Jadi, hindari memilih ras anjing yang menuntut dan membutuhkan banyak perawatan.

Baca juga: Perbedaan antara Alaskan Malamute dan Siberian Husky

Alasan Siberian husky tidak cocok untuk pemula

  • Kebutuhan pelatihan

Ilustrasi anjing Siberian huskyUnsplash/photo nic Ilustrasi anjing Siberian husky

Anjing pertama seharusnya tidak membutuhkan banyak pelatihan supaya tidak menyulitkan, sehingga pada akhirnya hanya membuat sakit kepala.

Terlepas dari ras anjing yang dipilih, anjing tetap harus dilatih untuk mengikuti perintah dasar seperti duduk, berdiri, dan berhenti. Untuk Siberian husky sendiri, mereka sulit dilatih karena keras kepala dan penuh energi. 

Baca juga: 7 Fakta Menakjubkan Anjing Siberian Husky, Si Serigala yang Ramah

  • Perilaku dominan

Perilaku dominan pada anjing bisa menjadi mimpi buruk bagi pemula. Sahabat bulu akan menolak mematuhi perintah pemiliknya. Tentunya, ini dapat menyebabkan beberapa masalah berat bagi pemilik karena anjing tidak berada dalam kendali.

Siberian husky, terutama jantan, menunjukkan perilaku dominan. Mereka adalah anjing kawanan. Setiap kawanan memiliki pemimpin dan semua anjing di dalamnya akan mengikuti perintah pemimpin.

Ketika dipelihara manusia, Siberian husky menganggapmu sebagai pemimpin kawanan. Kamu harus sangat percaya diri dan menggunakan suara penuh wibawa ketika memerintahnya.

Apabila pemiliknya tidak cukup percaya diri, Siberian husky akan mulai tidak mematuhi.  Mereka pun dapat dengan mudah merasakan ketakutan dalam manusia dan mengabaikan perintah.

Baca juga: Mengapa Siberian Husky Bermata Biru? Ini Alasannya

  • Menu makanan khusus

Ilustrasi anjing Siberian Husky.UNSPLASH/KT Ilustrasi anjing Siberian Husky.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com