Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Alasan Siberian Husky Tidak Cocok Dipelihara Pemula

Selain itu, Siberian husky menjadi anjing peliharaan favorit di antara beberapa pencinta serigala dan anjing Alaskan malamute karena memliki tampilan yang mirip.

Namun, bila baru pertama kali memelihara anjing, apakah Siberian husky menjadi pilihan yang tepat?

Dikutip dari Bubbly Pet, Senin (5/9/2022), ternyata memelihara Siberian Husky untuk pemula kurang tepat.

Siberian husky menjadi anjing yang cerdas, tapi terkenal keras kepala sehingga cukup sulit melatihnya dan membutuhkan perawatan ekstra.

Selain itu, Siberian husky membutuhkan banyak waktu untuk berolahraga dan pelatihan serta menu makanan khusus untuk menjaga bentuk tubuh dan kesehatannya.

Bila baru pertama kali memelihara anjing, pastikan memilih sahabat bulu yang sesuai dengan kepribadian Anda dan menambah nilai dalam hidup. Jadi, hindari memilih ras anjing yang menuntut dan membutuhkan banyak perawatan.

Anjing pertama seharusnya tidak membutuhkan banyak pelatihan supaya tidak menyulitkan, sehingga pada akhirnya hanya membuat sakit kepala.

Terlepas dari ras anjing yang dipilih, anjing tetap harus dilatih untuk mengikuti perintah dasar seperti duduk, berdiri, dan berhenti. Untuk Siberian husky sendiri, mereka sulit dilatih karena keras kepala dan penuh energi. 

  • Perilaku dominan

Perilaku dominan pada anjing bisa menjadi mimpi buruk bagi pemula. Sahabat bulu akan menolak mematuhi perintah pemiliknya. Tentunya, ini dapat menyebabkan beberapa masalah berat bagi pemilik karena anjing tidak berada dalam kendali.

Siberian husky, terutama jantan, menunjukkan perilaku dominan. Mereka adalah anjing kawanan. Setiap kawanan memiliki pemimpin dan semua anjing di dalamnya akan mengikuti perintah pemimpin.

Ketika dipelihara manusia, Siberian husky menganggapmu sebagai pemimpin kawanan. Kamu harus sangat percaya diri dan menggunakan suara penuh wibawa ketika memerintahnya.

Apabila pemiliknya tidak cukup percaya diri, Siberian husky akan mulai tidak mematuhi.  Mereka pun dapat dengan mudah merasakan ketakutan dalam manusia dan mengabaikan perintah.

Ada banyak kejadian yang membuat pemilik anjing tidak bisa mengurus kebutuhan makanan, yang akhirnya membuat sahabat bulu jatuh sakit dan berujung pada kematian. 

Beberapa ras anjing rentan akan hal itu dan membutuhkan beberapa makanan yang memenuhi semua nutrisi yang diperlukan.

Siberian husky adalah jenis anjing yang membutuhkan makanan dalam jumlah rendah, tapi kualitasnya harus premium. Selain itu, berkonsultasi ke dokter hewan untuk memastikannya mendapatkan nutrisi yang cukup.

Hal ini tentu dapat membebani pemilik anjing yang pemula lantaran belum terbiasa merawat anjing.

  • Waktu bermain di luar rumah

Beberapa ras anjing harus keluar rumah secara rutin agar tidak merasa bosan dan jatuh sakit, termasuk Siberian husky. 

Siberian husky harus diajak bermain dan melakukan kegiatan berbeda di luar rumah setidaknya tiga hingga empat kali seminggu.

Anjing ini juga senang berlari dan dapat melepaskan jumlah energi ekstra melalui berlari. Bahkan, mereka tidak bosan untuk melakukannya.

Pemilik Siberian husky harus berkomitmen mengajak sahabat bulu jalan-jalan di luar rumah setidaknya tiga kali seminggu untuk meningkatkan suasana hati anjing sehingga membuatnya menyayangi pemiliknya.  

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/05/215000576/4-alasan-siberian-husky-tidak-cocok-dipelihara-pemula

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke