Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Siberian Husky Bermata Biru? Ini Alasannya

Kompas.com - 09/11/2021, 21:39 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber My Animals

JAKARTA, KOMPAS.com--Siberian Husky terkenal karena ketahanannya terhadap suhu ekstrem dan mata birunya yang indah. Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa mata mereka berwarna biru?

Siberian Husky adalah salah satu ras anjing yang paling terkenal. Wajah mereka yang mirip srigala dengan mata biru (atau mata berwarna berbeda) benar-benar menarik perhatian orang.

Jadi, apakah kamu ingin tahu mengapa anjing-anjing cantik ini memiliki mata seperti ini? Penelitian terbaru tampaknya telah menemukan jawabannya.

Dilansir dari My Animals, Selasa (9/11/2021), bagi banyak orang, warna mata ini mencerminkan gambar tempat tinggal Siberia yang dingin.

Tatapan mereka dapat membekukan dan mencuri hatimu. Namun, mungkin saja mata dan bulu mereka berubah warna seiring bertambahnya usia anjing ini. Warna akhir mereka ditentukan setelah mereka mencapai usia enam bulan.

Baca juga: Fakta-fakta Tentang Siberian Husky, Wajah Mirip Serigala tapi Lembut

Mata yang ekspresif dan indah

Tahun ini, para ilmuwan melakukan penelitian terbesar hingga saat ini tentang membandingkan genetika anjing.

Mereka menganalisis DNA untuk mengeksplorasi antara lain, warna mata dan bulu mereka. Para peneliti menemukan modifikasi genetik yang bisa menjadi penyebab warna mata trah ini.

Penelitian dilakukan pada populasi 6.000 ekor Husky. Pemilik anjing mereka melakukan tes DNA untuk mengidentifikasi atau mengkonfirmasi "kemurnian" dari breed dan mengidentifikasi kemungkinan risiko kesehatan bagi teman setia mereka.

Keberhasilan penelitian ini disebabkan oleh fakta bahwa para ilmuwan memiliki akses ke sejumlah besar data melalui kit pengujian ini.

Informasi dikumpulkan melalui survei online yang diisi oleh pemilik, yang secara sukarela menyerahkan data mereka. Mereka juga menawarkan foto-foto anjing mereka untuk melengkapi catatan para peneliti.

Apa yang memberi Siberian Huskies warna mata mereka?

Analisis data mengungkapkan bahwa mutasi kromosom anjing 18 sangat terkait dengan warna

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com