Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ras Anjing Kecil Terbaik untuk Dipelihara Anak-anak

Kompas.com - 09/11/2021, 11:58 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing dan anak-anak seperti seorang sahabat. Keduanya sangat akrab, lincah, bermain bersama, dan saling memperhatikan. 

Sayangnya, tidak semua ras anjing ramah untuk anak-anak. Menemukan ras anjing yang tepat untuk anak-anak bisa menjadi hal rumit. 

Baca juga: 7 Ras Anjing Terbesar di Dunia

Bahkan, sekali pun anjing berukuran kecil tidak selalu direkomendasikan untuk keluarga dengan anak kecil karena anjing bisa gugup berada di sekitar anak kecil yang riuh. 

Banyak ahli hewan merekomendasikan agar menunggu sampai anak berusia lima tahun untuk memiliki anjing.

Sebab, pada usia itu, sebagian besar anak sudah memiliki kontrol impuls yang baik serta lebih mampu memahami dan mengikuti aturan tentang anjing.

Namun, ada beberapa ras anjing kecil yang dikenal rukun dengan anak-anak dari segala usia. Meski demikian, para orang tua tetap harus mengawasi semua interaksi antara si kecil dan anjing demi keamanan anak. 

Melansir dari The Spruce Pets, Selasa (9/11/2021), berikut ras anjing kecil terbaik untuk dipelihara anak-anak.  

Baca juga: 6 Fakta Menarik Anjing Goldendoodle, Berpenampilan Unik dan Enerjik

Beagle

Ilustrasi Beagle, anjing BeagleUnsplash/Marliese Streefland Ilustrasi Beagle, anjing Beagle
Merupakan bagian dari American Kennel Club Hound Group, Beagle dikembangkan untuk berburu kelinci secara berkelompok. Beagle dengan senang hati bekerja bersama sekelompok besar anjing, kuda, dan manusia.

Beagle sangat ramah dan mampu menangani kebisingan serta kekacauan kehidupan keluarga dengan tenang. Meski kecil, Beagle kokoh, atletis, dan suka bermain dengan anak-anak dari segala usia.

Namum, anjing beagle diketahui suka menggonggong dan meraung. Bahkan beberapa Beagle menjadi destruktif atau berusaha melarikan diri jika dibiarkan terlalu banyak sendiri serta tidak diberi cukup latihan dan stimulasi mental. 

Baca juga: Mengenal 4 Ras Anjing Asal Alaska yang Tangguh, Energik, dan Ramah

Bichon frise

Ilustrasi anjing bichon friseSHUTTERSTOCK/EUDYPTULA Ilustrasi anjing bichon frise
Berasal dari Prancis, Bichon frise awalnya menjalani kehidupan mewah sebagai hewan peliharaan yang dimanjakan bangsawan.

Setelah Revolusi Prancis, Bichon frise jatuh ke tangan rakyat jelata dan berubah menjadi anjing jalanan. Berkat kecerdasan, keaktifan, dan pesona yang dimiliki, anjing berbulu putih itu kemudian menjadi anjing sirkus yang populer serta menyenangkan banyak orang dengan trik-trik mengesankan.

Sampai hari ini, Bichons frises suka bermain, menyenangkan, dan tidak menginginkan apa pun selain bersama keluarga tercinta. Anjing ini dikenal lembut dan penuh kasih sayang dengan orang-orang dari segala usia, termasuk anak-anak.

Selama anak-anak diajari untuk menangani mereka dengan lembut dan penuh hormat, Bichon frise bisa menjadi teman baik. Namun, bulu halus yang dimilikinya membutuhkan perawatan profesional. 

Baca juga: 5 Ras Anjing Tanpa Bulu yang Unik dan Bisa Menjadi Sahabat 

Boston terrier

Ilustrasi ras anjing Boston Terrier. PIXABAY/RIN0428 Ilustrasi ras anjing Boston Terrier.
Ramah dan bersemangat, Boston terrier menyukai semua orang, termasuk anak-anak. Berasal dari Boston pada akhir 1800-an, ras anjing satu ini memiliki satu tujuan, yakni menjadi teman setia. Tak heran, Boston terrier menjadi anjing keluarga yang luar biasa. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com