Kompas.com - 08/11/2021, 18:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing dan kucing merupakan hewan yang banyak dijadikan peliharaan. Namun, bila belum siap memelihara keduanya, Anda bisa memilih hewan yang lebih kecil untuk dipelihara seperti hamster

Hewan pengerat kecil ini dianggap sebagai hewan peliharaan dengan perawatan rendah. Meski demikian, Anda perlu mengetahui cara merawat hamster dengan benar, dari kebutuhan yang diperlukan hingga cara memberi makan.

Baca juga: Bolehkah Hamster Makan Keju?

Tak hanya itu, hamster adalah hewan peliharaan yang sangat populer untuk anak-anak dengan beberapa alasan yang bagus. 

Mulai dari, dapat hidup selama beberapa tahun, senang menyendiri, mudahnya mencari makanannya, tidak mengambil banyak ruang di rumah, serta tidak membuat banyak kebisingan atau kekacauan.  

Baca juga: Penyakit Ekor Basah pada Hamster: Penyebab, Gejala, dan Penanganannya

Namun, hal yang mungkin tidak disadari pemilik hamster yang baru pertama kali memlihara adalah bahwa hamster sebenarnya memiliki beragam warna dan ras, yang semuanya memiliki ciri khasnya sendiri.

Melansir dari The Spruce Pets, Senin (8/11/2021), berikut lima jenis hamster paling populer yang bisa dijadikan hewan peliharaan di rumah. 

Baca juga: 5 Kerugian Memelihara Hamster yang Perlu Diketahui 

Chinese hamster

Chinese hamster atau hamster Cina adalah jenis hamster kecil yang lebih langka dan cukup sulit menemukannya di toko hewan peliharaan sekitar Anda seperti beberapa jenis hamster lainnya.

Chinese hamster memiliki tinggi sekitar 10 sentimeter sehingga membuatnya dan sering disalahartikan sebagai hamster kerdil karena ukurannya yang mini.

Sesuai dengan namanya, hamster ini berasal dari gurun Cina dan Mongolia serta memiliki ekor yang lebih panjang daripada jenis hamster lainnya.

Hamster Cina biasanya jinak dan mudah dijinakkan. Namun, sama dengan jenis hamster lainnya, Chinese hamster bisa gelisah dan akan menggigit jika terkejut. 

Baca juga: Penyebab Kerontokan Bulu pada Hamster dan Cara Mengatasinya 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.