Kompas.com - 11/07/2021, 13:25 WIB
Hamster juga dapat memicu reaksi alergi, misalnya karena kandangnya yang jarang dibersihkan. PIXABAY/FREE-PHOTOSHamster juga dapat memicu reaksi alergi, misalnya karena kandangnya yang jarang dibersihkan.

JAKARTA, KOMPAS.com- Tak hanya anjing dan kucing yang bisa mengalami kebotakan, hewan mungil berbulu seperti hamster juga bisa terkena alopecia atau kerontokan bulu dan kebotakan.

Meski begitu, ini bukan hal umum yang dialami hamster. Lalu, apa penyebab kerontokan pada bulu hamster dan bagaimana cara mengatasinya?

Melansir dari Pop Sugar, Minggu (11/07/2021), berikut ini penyebab dan cara mengatasi kerontokan bulu pada hamster menurut para ahli.

Baca juga: Kenapa Hamster Memakan Anaknya Sendiri Setelah Dilahirkan?

Penyebab kerontokan bulu hamster

Menurut Susan Brown, pendiri Rumah Sakit Burung dan Hewan Eksotis Midwest di Elmwood Park, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa penyebab kerontokan bulu pada hamster bisa karena penyakit dan kondisi non-penyakit.

Salah satu penyebab non-penyakit ialah gesekan yang ketika berada di kandang menjadi salah satu penyebab kerontokan dan kebotakan pada hamster. Gesekan terus-menerus dapat mengikis bulu di area tertentu.

Baca juga: Cara Mencegah Bulu Rontok pada Kucing

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, kerontokan yang diakibatkan penyakit ialah tungau. "Tungau Demodex adalah parasit eksternal paling umum yang menyebabkan masalah pada hamster. Kehadiran tungau ini menyebabkan kulit kering, bersisik dan rontok," kata Brown.

Penyebab potensial lainnya, kata Brown, seperti tumor adrenal, defisiensi tiroid, interaksi dengan teman sekandang, dan penyakit ginjal kronis.

Baca juga: Kucing Menggaruk hingga Bulu Rontok? Ini Penyebabnya

Cara mengatasi kerontokan bulu hamster

Hamster.Wikipedia Hamster.

Christoph Mans, profesor klinis kedokteran zoologi di University of Wisconsin, mengatakan, dalam beberapa kasus, gesekan kulit penyebab kerontokan bulu pada hamster perlu diagnosis lebih lanjut.

Namun, cobalah tidak khawatir karena hal itu  bisa diobati meski masalah medis yang serius sekali pun.

Baca juga: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Bulu Anjing yang Rontok

Halaman:


Sumber POP SUGAR
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.