Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Kerontokan Bulu pada Hamster dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 11/07/2021, 13:25 WIB
Lolita Valda Claudia,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber POP SUGAR

JAKARTA, KOMPAS.com- Tak hanya anjing dan kucing yang bisa mengalami kebotakan, hewan mungil berbulu seperti hamster juga bisa terkena alopecia atau kerontokan bulu dan kebotakan.

Meski begitu, ini bukan hal umum yang dialami hamster. Lalu, apa penyebab kerontokan pada bulu hamster dan bagaimana cara mengatasinya?

Melansir dari Pop Sugar, Minggu (11/07/2021), berikut ini penyebab dan cara mengatasi kerontokan bulu pada hamster menurut para ahli.

Baca juga: Kenapa Hamster Memakan Anaknya Sendiri Setelah Dilahirkan?

Penyebab kerontokan bulu hamster

Menurut Susan Brown, pendiri Rumah Sakit Burung dan Hewan Eksotis Midwest di Elmwood Park, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa penyebab kerontokan bulu pada hamster bisa karena penyakit dan kondisi non-penyakit.

Salah satu penyebab non-penyakit ialah gesekan yang ketika berada di kandang menjadi salah satu penyebab kerontokan dan kebotakan pada hamster. Gesekan terus-menerus dapat mengikis bulu di area tertentu.

Baca juga: Cara Mencegah Bulu Rontok pada Kucing

Selain itu, kerontokan yang diakibatkan penyakit ialah tungau. "Tungau Demodex adalah parasit eksternal paling umum yang menyebabkan masalah pada hamster. Kehadiran tungau ini menyebabkan kulit kering, bersisik dan rontok," kata Brown.

Penyebab potensial lainnya, kata Brown, seperti tumor adrenal, defisiensi tiroid, interaksi dengan teman sekandang, dan penyakit ginjal kronis.

Baca juga: Kucing Menggaruk hingga Bulu Rontok? Ini Penyebabnya

Cara mengatasi kerontokan bulu hamster

Hamster.Wikipedia Hamster.

Christoph Mans, profesor klinis kedokteran zoologi di University of Wisconsin, mengatakan, dalam beberapa kasus, gesekan kulit penyebab kerontokan bulu pada hamster perlu diagnosis lebih lanjut.

Namun, cobalah tidak khawatir karena hal itu  bisa diobati meski masalah medis yang serius sekali pun.

Baca juga: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Bulu Anjing yang Rontok

Jika hamster terinfeksi tungau, dokter hewan akan menyarankan membersihkan kandang hamster secara teratur.

Solusi lain adalah meresepkan sejumlah antibiotik untuk mengatasi situasi tersebut. Obat-obatan juga perlu diberikan secara oral, salep untuk kulit, atau melalui suntikan.

Penting untuk diingat bahwa perawatan harus melampaui resolusi tanda-tanda klinis. Menurut Mans, pastikan menyelesaikan perawatan secara menyeluruh agar penyebab kerontokan bulu pada hamster benar-benar hilang dan tidak kembali menyerang .

Baca juga: 8 Ras Anjing Ini Bulunya Tak Mudah Rontok, Aman untuk Penderita Alergi

Selain itu, pastikan memberikan obat yang sesuai dengan resep dokter untuk mencegah hamster kelebihan atau kekurangan dosis.

Untuk mengetahui lebih jelas penyebab kerontokan bulu pada hamster, kamu bisa langsung membawanya ke dokter hewan untuk memperoleh penanganan tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber POP SUGAR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com