Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ampuh Menghilangkan Bau Urine Anjing di Karpet

Kompas.com - 06/11/2021, 10:45 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Melihat tingkah anjing peliharaan yang menggemaskan memang jadi hal yang menyenangkan.

Namun, semua itu berubah jadi pengalaman menyebalkan ketika anjing kesayangan buang air kecil sembarangan, terutama di karpet.

Bau urine anjing cenderung sulit dihilangkan bahkan baunya bisa memenuhi seluruh ruangan. Tentu Anda tak ingin seisi rumah berbau tak sedap, bukan?

Melansir dari Home Made Simple pada Sabtu (06/11/2021) berikut ini cara menghilangkan bau urine anjing di karpet dengan baking soda.

Baca juga: 5 Ras Anjing Tanpa Bulu yang Unik dan Bisa Menjadi Sahabat

Temukan area urine anjing

Pertama, temukan di mana area karpet yang terkena urine. Pastikan lakukan hal ini sesegera mungkin agar baunya tidak semakin menempel di karpet. Sebab, semakin lama tidak dibersihkan maka baunya akan semakin sulit dihilangkan.

Rendam area urine

Setelah Anda menemukan tempat kencing anjing, langkah berikutnya ialah gunakan handuk atau kain basah untuk menyerap sisa urine yang menempel. Jika Anda memiliki pengekstrak vakum basah, jangan ragu untuk menggunakannya.

Baca juga: 5 Ras Anjing Terbaik yang Bisa Diajak Mendaki Gunung

Menetralkan

Langkah berikutnya, membuat cairan penetral dengan pembersih enzimatik atau membuat larutan pembersih sendiri dengan menggabungkan cuka (putih atau sari apel) dan air dengan perbandingan 1:1.

Karena cuka bersifat asam, ia akan menetralisir bakteri dalam kencing anjing, menghilangkan baunya.

Cuka aman untuk hewan peliharaan, efektif, murah, dan ramah lingkungan. Biarkan larutan cuka selama 3-5 menit atau ikuti petunjuk pada label produk pembersih dengan hati-hati.

Baca juga: 4 Trik Menata Taman yang Ramah untuk Anjing Peliharaan

Gunakan baking soda

Taburkan soda kue di atas campuran cuka. Ini adalah bagian yang menarik karena soda kue akan bereaksi dengan cuka, menciptakan semacam busa.

Ini akan lebih membantu dalam menetralkan bau kencing anjing. Tutupi noda cuka soda kue dengan handuk basah selama 24 jam, lalu bilas dengan air bersih dan vakum jika perlu.

Baca juga: 7 Ras Anjing Asal Belgia, Bertubuh Besar dan Gagah

Segarkan ruangan

Untuk kesegaran tambahan, cobalah untuk menggunakan pengharum ruangan atau pengharum pakaian agar memastikan bau urin anjing hilang dari karpet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com