Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ras Anjing Terbaik yang Bisa Diajak Mendaki Gunung

Kompas.com - 06/11/2021, 07:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki anjing yang aktif dan berenergi tinggi untuk bekerja atau bermain di luar ruangan selama berjam-jam dan berbagai kondisi cuaca merupakan pilihan terbaik untuk kamu yang hobi traveling, tepat mendaki gunung atau hiking

Kebanyakan anjing menyukai alam bebas dan terlepas dari jenisnya cocok dijadikan sebagai teman hiking. Kelompok ini dapat mencakup anjing pekerja, anjing pemburu (olahraga), anjing penggembala, dan anjing gunung. 

Baca juga: 4 Trik Menata Taman yang Ramah untuk Anjing Peliharaan

Selain daya tahan, anjing-anjing ini harus patuh, cerdas, serta menunjukkan keterampilan mengingat yang baik sebelum Anda melepaskannya.

Pastikan anjing dapat mengikuti perintah dan tetap bersama Anda. Anjing juga harus responsif dalam situasi genting seperti pertemuan satwa liar serta bertemu tanaman beracun. 

Nah, bagi Anda yang suka hiking dan mencari teman setia, berikut lima ras anjing terbaik untuk diajak mendaki gunung serta tak kenal lelah dikutip dari The Spruce Pets, Sabtu (6/11/2021). 

Baca juga: Mengenal 4 Ras Anjing Asal Alaska yang Tangguh, Energik, dan Ramah

Border collie

Ilustrasi Border collieUnsplash/Brandon Sehl Ilustrasi Border collie
Daftar ras anjing yang energik tidak akan lengkap tanpa menyertakan Border collie yang populer. Dikenal di seluruh dunia karena kecerdasan, semangat kerja, dan tingkat energinya, Border collie adalah pilihan tepat bagi siapa pun yang mencari teman olahraga.

Pejalan kaki dan pendaki sama-sama dapat memperoleh manfaat dari kecerdasan dan kemampuan melatih Border collie.

Mengajarkannya untuk mengenal jalan setapak akan sangat mudah. Selama memberikan banyak latihan mental dan fisik, Border collie sangat cocok untuk Anda yang hobi hiking. 

Baca juga: Berkenalan dengan Ras Anjing Mini Dachshund yang Mungil dan Penyayang

Australian shepherd

Ilustrasi Australian shepherdUnsplash/Andy Køgl Ilustrasi Australian shepherd
Ras anjing lainnya yang berenergi tinggi adalah Australian shepherd. Anjing ini teman yang aktif, lincah, juga menyukai petualangan di luar ruangan.

Seperti sepupunya Border collie, Australian shepherd adalah penggembala dengan energi yang tampaknya tak ada habisnya. Australian shepherd menyukai pekerjaan serta banyak aktivitas sehari-hari—satu pendakian seminggu tidak akan cukup.

Namun, apabila dipelihara dengan baik dan terlatih, anjing ini akan membuat Anda menjadi pemilik yang bahagia. 

Baca juga: 7 Ras Anjing Asal Belgia, Bertubuh Besar dan Gagah 

Jack russell terrier

Ilustrasi anjing Jack russell terrierUnsplash/Gemma Regalado Ilustrasi anjing Jack russell terrier
Jika anjing besar bukan pilihan Anda, tetapi masih menginginkan teman hiking yang energik, anjing Jack russell terrier adalah pilihan yang tepat. 

Berenergi tinggi, berkemampuan tinggi, dan sangat cerdas, anak anjing ini memiliki kepribadian anjing besar dalam tubuh yang kecil.

Jack Russell dibiakkan untuk berburu hama dan memiliki dorongan mangsa yang tinggi, jadi latihan yang lama seperti perjalanan hiking adalah mimpi yang menjadi kenyataan untuk ras anjing ini. 

Baca juga: 8 Ras Anjing Besar Ini Bulunya Tidak Mudah Rontok, Apa Saja?

Meski kecil, Jack russell terrier sangat kuat, keras kepala, juga cerdas. Namun, anjing ini dapat menjadi destruktif jika tidak dilatih dengan baik, baik secara mental maupun fisik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com