Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2021, 21:02 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com-- Seperti kita tahu, harga mesin cuci tidaklah murah. Untuk itu ada baiknya kita menggunakannya dengan hati-hati agar mesin cuci bisa awet dan tahan lama.

Pasalnya, kita mungkin sering mengabaikan perawatan pengering atau ventilasi mesin cuci kita. Mengabaikan faktor-faktor sederhana ini dapat menyebabkan penyumbatan saluran air, mesin cuci bocor, dan mesin tidak mengeluarkan deterjen atau masalah kerusakan lainnya.

Untuk kamu yang ingin menjaga agar mesin cuci tetap awet, berikut lima tips menjaga mesin cuci agar tahan lama seperti dilansir dari Get Set Clean, Jumat (5/11/2021).

1. Jangan melebihi kapasitas mesin cuci

Jika baju kotor menumpuk, kita seringkali ingin mencucinya sekaligus, tanpa memperhatikan kapasitas maksimal dari mesin cuci. Akibatnya, mesin cuci akan kelebihan beban.

Hal ini bisa membuat mesin cuci menjadi cepat aus dan rusak. Jadi bacalah panduan menggunakan mesin cuci, dan patuhi kapasitas mesin cuci sesuai dengan buku panduan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Apak pada Mesin Cuci Bukaan Atas

2. Pilih deterjen yang tepat

Pemilihan deterjen yang tepat juga bisa memengaruhi umur panjang dari mesin cuci. Gunakan deterjen yang memang diformulasi khusus untuk mesin cuci. 

Namun disarankan agar kamu memilih deterjen cair. Bentuk cair bisa meminimalisir sisa deterjen dalam dispenser deterjen yang bisa menyumbat saluran dan bisa membuat kerusakan pada mesin cuci.

Selain itu, deterjen cair juga cepat larut sehingga tidak meninggalkan residu pada pakaian atau saluran pembuangan mesin cuci.

3. Selalu periksa kantong pakaian sebelum dicuci

Selalu periksa saku pakaian sebelum memasukkannya ke mesin cuci. Selain untuk menjaga mesin cuci agar tetap awet, langkah ini juga dilakukan agar pakaian tetap awet.

Pasalnya, barang-barang logam seperti kunci dan koin memiliki kemampuan untuk merusak bak dalam mesin cuci. Jadi, sangat penting untuk mengosongkan kantong sebelum menjalankan siklus mencuci pakaian di mesin cuci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com