Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2021, 12:45 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Komunikasi memang jadi salah satu alasan penting dalam menciptakan kedekatan dengan seseorang maupun hewan peliharaan.

Namun, karena hewan berkomunikasi dengan cara yang berbeda, tak jarang perilaku hewan kerap disalahartikan.

Misalnya, ketika ia menginginkan perhatian. Umumnya, anjing akan melakukan beberapa gerakan dan suara untuk menarik perhatian pemiliknya.

Lalu, gerakan dan suara seperti apa yang dilakukan oleh anjing ketika sedang menginginkan perhatian pemiliknya? Melansir dari My Animals pada Jumat (29/10/2021) berikut penjelasannya.

Baca juga: 8 Ras Anjing yang Penuh Kasih Sayang dan Senang Dipeluk

Menggonggong

Anjing memiliki banyak vokalisasi: erangan, geraman, lolongan, jeritan, dan gonggongan dengan nada berbeda adalah alat yang mereka gunakan untuk mengekspresikan suasana hati, urgensi, atau bahkan untuk menarik perhatian.

Menggonggong untuk menarik perhatian biasanya dilakukan dengan suara "kering", dan mereka melakukannya ketika mereka merasa Anda tidak memberi mereka cukup kasih sayang.

Cara terbaik untuk mencegahnya menjadi perilaku obsesif adalah dengan mengabaikan hewan itu atau menyuruhnya untuk tidak melakukannya.

Teknik terbaik akan tergantung pada temperamen anjing dan bagaimana Anda berhubungan satu sama lain, tetapi Anda harus memastikan bahwa hal ini tidak menyebabkan masalah serius.

Baca juga: 10 Penyakit Penyebab Anjing Muntah yang Harus Diwaspadai

Membawakanmu benda

Ketika anjing ingin bermain, mereka sering memilih untuk membawa suatu benda kepada pemiliknya untuk meminta perhatian dan berinteraksi dengan mereka.

Ini bukan perilaku patologis itu sendiri, tetapi bisa tidak menyenangkan jika anjing memutuskan untuk membawa mangsa hidup (atau mati) untuk ditunjukkan kepada pemiliknya.

Tidak baik memarahi anjing karena hal ini. Bagi hewan-hewan ini, membawakan Anda makanan adalah sebuah penghormatan dan kasih sayang (mereka bisa saja memakannya).

Jadi, jika Anda ingin mereka berhenti melakukannya, sebaiknya jangan bereaksi. Mereka adalah hewan dengan naluri berburu, dan jika Anda ingin mengelola perilaku ini, itu harus dilakukan melalui pembelajaran, bukan hukuman.

Baca juga: Cara Kucing dan Anjing Menemukan Jalan Pulang Tanpa Tersesat

Menggigit tangan

Khususnya pada tahap anak anjing, menggigit adalah cara yang digunakan anjing untuk mempelajari seberapa kuat rahangnya dan berbagai cara untuk berhubungan dengan lingkungannya.

Mereka mungkin juga menggigit benda lain, seperti furnitur atau mainan. Untuk semua alasan ini, anjing Anda mungkin menggigit tangan Anda tanpa menyakiti Anda.

Anda dapat mengajari mereka untuk tidak melakukannya jika Anda tidak menyukainya, tetapi Anda juga dapat memberikan batasan agar mereka berhati-hati saat melakukannya.

Baca juga: 8 Ras Anjing Populer Asal Amerika Serikat, Tak Cuma Bulldog

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com