Kompas.com - 29/10/2021, 12:15 WIB
Cara mengusir nyamuk tak hanya menggunakan semprotan atau losion, tetapi juga bisa dengan memelihara tanaman pengusir nyamuk.
PIXABAY/SHAMMIKNRCara mengusir nyamuk tak hanya menggunakan semprotan atau losion, tetapi juga bisa dengan memelihara tanaman pengusir nyamuk.

Jakarta, KOMPAS.com— Musim hujan sudah datang. Kita harus waspada akan banyak hal, termasuk serangan nyamuk.

Di musim penghujan, nyamuk semakin mudah menemukan genangan air untuk berkembang biak. Karenanya, kita harus meningkatkan perlindungan mengingat, nyamuk adalah hewan pembawa beragam penyakit mematikan salah satunya demam berdarah.

Untuk itu, kamu harus mengusir dan membuat nyamuk pergi jauh dari rumah.

Berikut tips yang bisa dicoba untuk membebaskan rumah dari nyamuk saat musim penghujan seperti dilansir dari Asiaone, Jumat (29/10/2021).

Baca juga: 5 Cara Membasmi Nyamuk dari Kolam Air Mancur

1. Periksa genangan air

Jika kamu memiliki pot bunga yang diletakkan di luar, periksa apakah pot tersebut telah menampung air hujan. Ini tidak hanya berlaku untuk pot bunga, periksa juga penutup panggangan, tempat sampah luar ruangan, talang atau apa pun, bahkan tutup botol yang bisa mengumpulkan genangan kecil air.

Tambahkan insektisida butiran pasir ke tempat-tempat di mana genangan air tidak dapat dihilangkan, seperti pot bunga, vas, dan talang atap.

Untuk yang tinggal di apartemen atai flat, kamu juga harus melakukan pengecekan pada balkon dan juga bak kamar mandi.

2. Bersihkan rumput dan gulma

Nyamuk senang mencari keteduhan di bawah semak-semak dan rumput tinggi agar tidak kering dan dehidrasi. Untuk itu, pangkaslah rumput liar dan gulma di taman sehingga tak ada lagi tempat untuk nyamuk bersembunyi.

Baca juga: Cara Membuat Larutan Cuka untuk Membunuh Gulma

3. Tutup pintu dan jendela

Tingkat kelembapan yang tinggi menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi nymuk untuk berkembang biak. Karena itulah menutup pintu dan jendela adalah hal yang terbaik. Cara lainnya, pasang kasa magnet dan velcro mesh yang dapat ditarik atau dilepas sehingga kamu tetap mendapatkan udara alami dari jendela.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Housing
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.