Kompas.com - 24/10/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi kucing dan anjing. PIXABAY/JOY617Ilustrasi kucing dan anjing.

JAKARTA, KOMPAS.com- Pernahkah Anda berpikir tentang bagaimana cara kucing dan anjing menemukan jalan pulang tanpa tersesat?

Percaya atau tidak, hewan tertentu memiliki kemampuan menemukan lokasi bawaan yang bergantung pada segala hal mulai dari penglihatan dan penciuman hingga metode geolokasi magnetik yang lebih rumit.

Beberapa hewan bahkan memiliki sistem orientasi berbasis peta bawaan. Melansir dari Farmers Almanac pada Minggu (24/10/2021) berikut ini cara hewan peliharaan menemukan jalan pulang tanpa tersesat.

Baca juga: Yuk Bantu Kontrol Populasi Kucing dan Anjing dengan Adopsi

Kucing: menggunakan kepala hingga kaki sebagai kompas

Melihat dengan tatapan kosong ke arah tembok adalah salah satu perilaku kucing yang unik. Ada yang memercayai bahwa kucing melakukannya saat melihat hantu. Tapi, ternyata ada alasan ilmiah di balik perilaku ini. PEXELS/ Meruyert Gonullu Melihat dengan tatapan kosong ke arah tembok adalah salah satu perilaku kucing yang unik. Ada yang memercayai bahwa kucing melakukannya saat melihat hantu. Tapi, ternyata ada alasan ilmiah di balik perilaku ini.

Menariknya, menurut Genome Institute, kucing, tidak seperti anjing, sebenarnya hanya “semi-domestikasi.”

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Faktanya, para ilmuwan mengatakan ada sedikit perbedaan antara rata-rata kucing rumahan dan kucing liar.

Secara umum, kucing memiliki indera yang sangat kuat. Faktanya, mereka memiliki lebih dari 19 juta reseptor aroma.

Baca juga: Tips Memelihara Kucing dan Anjing Bersama-sama

 

Mereka cenderung terikat kuat ke lokasi rumah, bahkan menandai wilayah mereka dengan menyemprotkan air seni atau menggosok banyak kelenjar aroma mereka ke berbagai barang di daerah rumahnya yang uga memudahkan mereka untuk menemukan jalan kembali.

Kucing juga memiliki penglihatan dan pendengaran yang luar biasa, dan mereka menggunakan bulu, kumis, dan cakar mereka untuk mengumpulkan informasi guna membantu menavigasi.

Para ilmuwan telah menentukan bahwa kucing dapat mendeteksi medan magnet bumi melalui besi di telinga dan kulit mereka, yang bertindak sebagai kompas alami.

Baca juga: Catat, Ini Jenis Obat Manusia yang Beracun bagi Kucing dan Anjing

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.