Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menghilangkan Bau Amis Telur dari Peralatan Dapur

Kompas.com - 05/11/2021, 21:49 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber NDTV Food

JAKARTA, KOMPAS.com--Bau telur yang amis seringkali masih tersisa di peralatan dapur dan alat makan. Bahkan meski sudah dicuci, bau telur yang khas masih saja menempel.

Padahal telur menjadi pilihan praktis di pagi hari, atau sebagai campuran dari banyak masakan.

Untuk kamu yang suka memasak dan makan telur namun tak ingin aroma amisnya tertinggal di perkakas dapur, berikut adalah tips menghilangkan bau amis telur dari peralatan makan dan perkakas dapur seperti dilansir dari NDTV Food, Jumat (5/11/2021). 

1. Tepung gram

Tepung gram adalah tepung yang terbuat dari kacang chickpea yang dihaluskan. Tepung ini bisa menghilangkan aroma amis dari tepung.

Yang perlu kamu lakukan adalah mengambil beberapa gram tepung dan mengoleskannya ke seluruh piring. Biarkan di atas piring selama sekitar dua menit.

Setelah itu bilas piring dengan lembut dengan air mengalir. Tepung gram cenderung menyerap semua bau tak sedap meninggalkan aroma amis.

Baca juga: 5 Peralatan Dapur yang Ampuh Dibersihkan dengan Cuka

2. Soda kue

Soda kue, salah satu bahan dapur paling serbaguna dan dikenal dapat menghilangkan bau tak sedap. Yang perlu kamu lakukan adalah mengambil wadah besar dan menambahkan air di dalamnya bersama dengan soda kue.

Celupkan peralatan makan yang digunakan. Biarkan beberapa saat sebelum dikeluarkan. Setelah itu, bilas peralatan dengan sabun biasa dan biarkan hingga kering.

3. Larutan cuka

Salah satu solusi paling umum untuk bau tak sedap adalah dengan mencampur cuka dengan air dan membilas peralatan makan dengan campuran tersebut.

Sifat asam yang kuat akan membantu bau hilang sepenuhnya. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes jus lemon ke dalam campuran untuk meninggalkan aroma segar.

Baca juga: Tips Menjaga Dapur Tetap Bersih Setiap Hari

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com