Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2022, 16:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala ikan seringkali tidak terpakai sebagai bahan masakan. Namun, Anda harus berpikir dua kali sebelum membuangnya ke tempat sampah, karena ada banyak manfaat kepala ikan untuk tanaman.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Senin (5/9/2022), menurut sebuah laporan penelitian yang diterbitkan di Indonesia, kepala ikan terdiri dari Nitrogen sebesar 8,3 persen, Fosfor 4,8 persen, dan Kalium 1,6 persen yang sangat membantu pertumbuhan tanaman.

Karena kepala ikan benar-benar alami, maka mudah dicerna oleh bakteri, cacing tanah, dan jamur. Aktivitas mikroba di sekitar akar tanaman sangat bermanfaat bagi pertumbuhan, produksi bunga, dan buah pada berbagai tanaman.

Baca juga: 10 Manfaat Kopi untuk Tanaman, Bisa Jadi Pupuk dan Cegah Penyakit

Ilustrasi ikan segar. PIXABAY/PUBLIC DOMAIN PICTURES Ilustrasi ikan segar.

Berikut beberapa manfaat kepala ikan untuk tanaman.

1. Membuat buah tomat yang ditanam lebih segar

Jika Anda ingin menanam tomat yang lebih segar dan lebih besar, maka menambahkan kepala ikan ke dalam pot atau lubang tanam akan berhasil. Tomat menyukai kalsium dan fosfor, dan kepala ikan memberikan dosis yang diperlukan.

Masukkan kepala ikan ke dalam lubang tanam tanaman tomat.

Perlahan-lahan kepala ikan akan membusuk, melepaskan nitrogen, kalium, dan banyak elemen penting yang bermanfaat untuk pertumbuhan.

Baca juga: 8 Manfaat Tepung Maizena untuk Tanaman, Usir Semut hingga Jadi Pupuk

2. Membuat warna bunga mawar lebih cantik

Salah satu cara organik terbaik untuk membuat warna bunga mawar lebih cantik dan lebih besar adalah dengan menambahkan kepala ikan di tanah pada saat penanaman.

Tinggi akan nitrogen, kepala juga akan memberikan jejak Kalsium, Magnesium, Sulfur, Klorin, dan Sodium ke tanaman, memastikan pertumbuhan yang subur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com