Kompas.com - 11/08/2022, 21:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih sofa yang tepat sama pentingnya dengan menentukan warna cat yang digunakan untuk ruangan

Sofa, baik bentuk, warna, dan materialnya, harus bisa melengkapi serta menyatu baik dengan ruangan tempat sofa diletakkan. 

Baca juga: Tanda-tanda Sofa Perlu Diganti, Jangan Ditunda

Ada banyak model dan material sofa yang ada di pasaran, salah satunya sofa sectional. Sofa sectional adalah sofa serbaguna berbentuk huruf L yang tidak hanya menyediakan tempat duduk, tapi juga bisa tempat bersantai yang nyaman untuk tidur atau berbaring. 

Sofa sectional juga bisa mengisi sudut ruangan yang kosong. Namun, memilih sofa sectional kulit tidak boleh sembarang.  

Untuk membantu Anda, berikut cara memilih sofa sectional terbaik untuk ruang tamu atau ruang keluarga dilansir dari Wenz Home Furniture, Kamis (11/8/2022). 

Baca juga: Plus Minus Menggunakan Sofa Putih di Ruang Keluarga

Lakukan pengukuran

Ilustrasi sofa, bantal sofa, Ilustrasi sofa sectional.PEXELS/RACHEL CLAIRE Ilustrasi sofa, bantal sofa, Ilustrasi sofa sectional.
Sofa sectional memiliki ukuran jauh lebih besar daripada sofa rata-rata, jadi penting mengukur ruangan tempat sofa diletakkan sebelum memilih, baik ruang tamu maupun ruang keluarga. 

Sofa sectional yang terlalu besar bisa membuat ruangan terasa sesak dan sempit. Sebaliknya, sofa yang terlalu kecil tidak memberikan jumlah tempat duduk yang sesuai dengan ukuran ruangan.

Untuk itu, mulailah mengukur total dimensi ruangan, lalu ukur dimensi sofa sectional yang Anda minati. Pastikan mencatat panjang total bagian dan jika bersandar, perhatikan seberapa jauh ke belakang memanjang.

Selain itu, mengukur tinggi dan kedalaman kursi untuk mendapatkan gambaran lebih baik agar sofa sectional muat di ruangan. Dengan begitu, akan memudahkan Anda memilih sofa sectional saat berbelanja. 

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kulit Sintetis agar Penampilannya Terjaga 

Pikirkan pelapis

Sama dengan furnitur ruang tamu lainnya, sofa sectional hadir dalam berbagai gaya pelapis, di antaranya kulit dan kain.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.