Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mendekorasi Ruang Tamu yang Nyaman dan Santai

Kompas.com - 11/08/2022, 20:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu tak hanya menjadi area untuk menerima tamu, tapi juga berkumpul dan bersantai bersama anggota keluarga.

Untuk itu, perlu mendekorasi ruang tamu perlu dilakukan senyaman mungkin karena dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan emosional Anda.

Dilansir dari Decor Tips, Kamis (11/8/2022), berikut cara mendekorasi ruang tamu yang nyaman dan santai. 

Baca juga: 6 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendesain Ruang Tamu Terbuka 

Letakkan tanaman

Ilustrasi ruang tamu UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang tamu
Ketika meletakkan tanaman di dalam ruangan, Anda menyerap kesegarannya. Pilih tanaman yang tidak hanya mempecantik ruangan, tapi juga memberi manfaat seperti membersihkan udara seperti lidah mertua

Selain itu, terapi hortikultura yang berkaitan dengan perawatan tanaman memiliki manfaat kesehatan yang luas. Tanaman dapat memberi kesejahteraan psikologis dan fisik. 

Baca juga: 4 Tips Menata Ruang Tamu Menurut Feng Shui  

Hiasi dengan lilin

Lilin adalah elemen dekoratif dengan kekuatan untuk membuat ruangan terlihat hangat dan santai. Tempatkan beberapa lilin di meja kopi, meja samping, atau lemari tempat Anda meletakkan tanaman.

Lilin memiliki harga murah dan dapat memvariasikannya dengan gaya, bahkan memiliki aroma yang membuat Anda rileks. 

Gunakan cahaya alami

Ilustrasi ruang tamu, karpet ruang tamu.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang tamu, karpet ruang tamu.
Maksimalkan cahaya alami yang masuk ke ruang tamu dengan memuka gorden. Seperti  ditunjukkan sejumlah penelitian, cahaya alami mengatur fungsi biologis, membantu berbagai proses tubuh berjalan baik, dan mempengaruhi suasana hati dengan merangsang produksi serotonin. 

Terlebih lagi, penelitian telah mengidentifikasi bahwa cahaya alami dapat membantu mencegah penyakit neurodegeneratif. Jadi, cahaya alami diperlukan di ruang tamu. 

Baca juga: Panduan Meletakkan Sofa dan TV di Ruang Tamu Sempit 

Cat dengan warna menenangkan

Tips mendekorasi ruang tamu yang nyaman dan santai adalah mengecatnya dengan warna yang menenangkan.

Warna cat mempengaruhi aspek emosional. Misalnya, putih berkaitan erat dengan kepositifan, kemurnian, kebersihan, dan kedamaian.

Karena itu, putih dianggap sebagai warna yang mendominasi di ruang tamu yang nyaman, tapi juga terkait dengan pemurnian pikiran.  

Baca juga: 6 Warna Gorden yang Cocok untuk Ruang Tamu Berdinding Putih

Tekstil ruang tamu

Ilustrasi ruang keluarga bernuasa putih, ilustrasi ruang tamu terbuka.SHUTTERSTOCK/2M media Ilustrasi ruang keluarga bernuasa putih, ilustrasi ruang tamu terbuka.
Ruang tamu perlu didekorasi menjadi ruang yang agar dapat menghabiskan waktu di sana. Untuk ini, Anda dapat menggunakan berbagai ornamen tekstil seperti karpet, bantal, dan selimut.

Dengan cara ini, tidak hanya mendapatkan ruang tamu yang santai, tetapi juga membuat betah berlama-lama di sana dan melakukan banyak kegiatan seperti membaca buku dan merawat tanaman. 

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan Menata Ruang Tamu Kecil 

Hindari kekacauan

Kekacauan merusak harmoni ruang mana pun dan menghasilkan segalanya, termasuk ruang tamu. Selain itu, meningkatkan stres dan kecemasan. 

Untuk itu, penting menjaga ruang tamu dalam keadaan bersih dan tertata serta membereskan barang-barang di tempatnya sehingga memudahkan ketika mencarinya dan bisa menikmati bersantai di ruangan dengan nyaman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com