Kompas.com - 11/08/2022, 18:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak hewan dalam keluarga musang, termasuk polecat, cerpelai, cerpelai, dan ferret. Jenis yang paling terkenal adalah ferret.

Ferret adalah anggota keluarga musang yang telah dijinakkan selama lebih dari 2000 tahun dan menjadi hewan peliharaan rumah tangga yang populer. Musang ferret adalah hewan peliharaan yang sangat cerdas dan sosial. 

Baca juga: Ingin Memelihara Musang? Ketahui Dulu 7 Hal Ini

Hewan bertubuh panjang dan ramping ini memiliki rasa ingin tahu yang besar sehingga membutuhkan pelatihan dan banyak interaksi dengan manusia. 

Meski tampak seperti hewan peliharaan kecil yang mudah dirawat, memelihara musang ferret tidaklah mudah dan sering kali membutuhkan perawatan yang sama seperti kucing atau anjing.

Bahkan beberapa orang menyebut memelihara musang sebagai kombinasi memiliki kucing dan anjing. Musang adalah hewan yang sangat rapuh dan mudah terluka jika ditangani tidak tepat. 

Namun, hindari memelihara musang apabila memiliki anak kecil di rumah lantaran memiliki naluri berburu dan karnivora.

Nah, bila tertarik mengadopsinya, berikut cara memelihara musang ferret yang perlu diketahui dikutip dari Vet Care Pet Hospital, Kamis (11/8/2022). 

Baca juga: 5 Jenis Hamster Paling Populer yang Bisa Dijadikan Hewan Peliharaan

 

Perawatan musang ferret

Ilustrasi musang, ilustrasi anak musang, Ilustrasi musang ferret.Shutterstock/Best dog photo Ilustrasi musang, ilustrasi anak musang, Ilustrasi musang ferret.
Meski hewan yang bersih secara alami, musang ferret juga sangat terkenal dengan bau musky. Tidak peduli berapa kali Anda memandikan musang, baunya tidak akan pernah benar-benar hilang. Bau ini jauh lebih buruk pada musang yang tidak dikebiri. 

 

Untuk mandi, musang ferret perlu dimandikan seminimal mungkin, paling banyak sekali atau dua kali sebulan. Memandikan musang akan melucuti kulit dan mantelnya dari semua minyak alami (agak bau), yang akan menyebabkan tubuh melakukan kompensasi berlebihan dan terus memproduksi lebih banyak bau. 

Sama dengan kucing, musang dapat membersihkan dirinya sendiri dengan cukup baik. Saat memandikan musang, pastikan menggunakan sampo ramah hewan peliharaan dan air hangat. 

Baca juga: Ingin Memelihara Anjing Golden Retriever? Ketahui 5 Hal Ini Dulu

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.