Kompas.com - 11/08/2022, 17:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski tidak terlalu mengganggu, kehadiran laba-laba di dalam rumah dapat membuat hunian terlihat lebih kotor karena sarang yang diciptakannya.

Membasmi laba-laba dan membersihkan sarang laba-laba di rumah sebaiknya menghindari menggunakan bahan kimia karena bisa membahayakan kesehatan anggota keluarga dan hewan peliharaan jika memilikinya. 

Baca juga: 11 Tanaman Pengusir Laba-laba di Rumah, Aromanya Khas

Dilansir dari Hunker, Kamis (11/8/2022), ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membasmi laba-laba, yakni lavender

Aroma lavender yang menyengat mampu mengusir laba-laba dan serangga sambil memberikan aroma menenangkan di rumah.

Tak hanya membasmi laba-laba, lavender juga efektif mengusir tungau, kutu, kutu busuk, dan serangga lainnya. Berikut cara mengusir laba-laba dari rumah dengan lavender. 

Baca juga: 5 Cara Mengusir Laba-laba dari Dalam Rumah 

Teteskan lavender di area sering terlihat laba-laba

Ilustrasi lavenderUnsplash/Larisa Birta Ilustrasi lavender
Aroma minyak esensial lavender yang menyengat efektif mengusir laba-laba dari lemari, tas, dan sepatu bot. Teteskan lima hingga delapan tetes minyak lavender pada bola kapas.

Selipkan bola kapas beraroma lavender di dalam koper, tas olahraga, sepatu bot, dan kantong tidur. Laba-laba mengintai di tempat-tempat gelap yang tidak terganggu. Untuk mencegah laba-laba kembali, ganti minyak setiap tiga bulan sekali. 

Baca juga: Gampang, Begini Cara Mencegah Sarang Laba-laba Muncul di Rumah

Gunakan penyedot debu

Gunakan beberapa tetes minyak esensial lavender pada bola kapas dan letakkan di kantong atau wadah pengumpul penyedot debu.

Aromanya tersebar saat menyedot debu dapat mengharumkan udara dengan aroma lavender yang ringan serta mengusir laba-laba dan serangga. 

Baca juga: Gampang, Begini Cara Mencegah Sarang Laba-laba Muncul di Rumah

Lavender dan baking soda

Ilustrasi baking soda. Shutterstock/Geo-grafika Ilustrasi baking soda.
Tambahkan 20-30 tetes minyak esensial lavender ke dalam kotak baking soda, lalu aduk atau kocok agar tercampur rata. Setelah itu, tempatkan campuran tersebut dalam mangku dan taburkan di atas karpet dan furnitur berlapis kain.

Halaman:
Sumber Hunker


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.