Kompas.com - 10/06/2022, 14:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman, terutama tanaman beraroma kuat seperti tanaman herbal, adalah solusi alami untuk mencegah laba-laba masuk ke rumah dan halaman rumah. Laba-laba bergerak di dalam ruangan luntuk mencari tempat yang hangat dan serangga untuk dimakan.

Selain itu, dikutip dari The Spruce, Jumat (10/6/2022), jaring laba-laba tidak sedap dipandang. Begitu laba-laba meninggalkannya, sarang tersebut mengumpulkan serat dan debu.

Tanaman yang tidak disukai laba-laba bisa berupa tanaman hias atau tanaman luar ruangan, dan Anda bisa menanamnya di pot atau di taman.

Baca juga: 7 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

Agar tanaman berfungsi sebagai pengusir laba-laba, letakkan tanaman di lokasi utama di mana laba-laba cenderung masuk ke rumah, seperti di dekat pintu, jendela, dan jalan masuk lainnya.

Berikut beberapa tanaman pengusir laba-laba secara alami di rumah. 

Ilustrasi tanaman herbal kemangi atau basilUnsplash/Monika Grabkowska Ilustrasi tanaman herbal kemangi atau basil

1. Basil

Semua varietas kemangi atau basil (Ocimum basilicum) memiliki aroma kuat yang mencegah laba-laba. Tanaman ini dapat ditanam sebagai tanaman abadi di iklim hangat dan di dalam ruangan.

2. Lavender

Jika Anda menggunakan lavender (Lavandula spp.) terutama untuk mengusir laba-laba, pilih lavender Inggris. Sebab, jenis lavender ini memiliki aroma paling kuat dari semua varietas yang ada.

Baca juga: 10 Tanaman Pengusir Kutu Daun di Halaman Rumah

3. Mint

Peppermint bukan hanya mint yang paling tahan dingin (Mentha spp.), tetapi juga mint dengan aroma paling kuat sehingga sangat cocok untuk mengusir laba-laba. Namun, ingat bahwa mint beracun bagi hewan peliharaan saat tertelan.

4. Rosemary

Di sebagian besar iklim, rosemary (Salvia rosmarinus) hanya akan bertahan hidup sebagai tanaman tahunan jika diletakkan di dalam ruangan. Namun jika Anda memberinya banyak cahaya, Anda juga dapat menanam rosemary di dalam ruangan sepanjang tahun.

Halaman:
Sumber The Spruce


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.