Kompas.com - 11/08/2022, 16:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKelelawar merupakan salah satu hama yang tidak disukai manusia. Meski tidak terlalu merusak, kotorannya mengandung asam urat tinggi yang membuatnya bersifat korosif.

Jika rumah kemasukan kelelawar dan mereka membuang kotoran di dalam, hunian dapat menjadi sangat bau.

Baca juga: 5 Hama yang Merusak Tanaman Singkong

Selain itu, tumpukan kotoran korosif dari kelelawar dapat membahayakan berbagai material dan struktur hunian seiring waktu.

Kotoran kelelawar pun membahayakan manusia lantaran membawa spora jamur yang dapat menyebabkan penyakit. 

Dikutip dari The Spruce, Kamis (11/8/2022), ada sejumlah cara mengusir kelelawar di rumah yang bisa dicoba seperti berikut. 

Baca juga: Ingin Memelihara Musang? Ketahui Dulu 7 Hal Ini

Pakai alat one-way door

Ilustrasi kelelawar.UNSPLASH / Tine Ivani? Ilustrasi kelelawar.

One-way door adalah semacam alat perangkap satu pintu yang memungkinkan kelelawar  keluar rumah, tetapi tidak bisa memasukinya kembali. 

Disadur dari akun YouTube Pest Control Authority Wildlife Removal, alat ini berbentuk seperti alat musik akordion, berukuran cukup panjang, dan bisa ditekuk ke arah mana pun. 

Baca juga: Ingin Memelihara Anjing Golden Retriever? Ketahui 5 Hal Ini Dulu

Cara menggunakannya cukup mudah. Untuk area loteng, misalnya, kamu hanya perlu menutup semua pintu, jendela, dan ventilasi jika ada.

Sisakan satu ventilasi untuk disegel dari luar rumah menggunakan kawat antinyamuk. Lalu, potong sekotak kecil lubang di ventilasi dan tutup dengan one-way door. Arahkan alat ke bawah agar kelelawar langsung pergi ke luar tanpa bisa memasuki area loteng kembali.

Halaman:
Sumber The Spruce


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.