Kompas.com - 11/08/2022, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Golden retriever menjadi salah satu ras anjing terbaik dan populer di dunia sejak mendapat pengakuan dari American Kennel Club (AKC), badan pengasuhan anjing Amerika Serikat, pada 1925.

Anjing Golden retriever terkenal mempunyai lapisan bulu yang tebal, panjang, juga berkilau berwarna keemasan meski rentan mengalami kerontokan. 

Baca juga: Ingin Memelihara Anjing Golden Retriever? Ketahui 5 Hal Ini Dulu

Namun, tidak semua warna bulu Golden retriever berwarna emas. Faktanya, warna bulu  Golden retriever bervariasi, dari krem hingga emas tua, bahkan merah, tergantung pada jenisnya. Beberapa Golden Retriever bahkan akan berubah warna saat tumbuh dewasa.

Dikutip dari Loyal Goldens, menurut AKC, warna bulu Golden retriever memiliki satu warna meski tidak jarang bulu (bulu panjang di sekitar kaki dan ekor) menjadi lebih terang daripada warna bulu lainnya.

Namun, Anda akan jarang melihat Golden retriever berwarna putih murni, hitam pekat, atau warna lain dalam mantel emas. Sebab, tanda berwarna ini adalah cacat. Ini mungkin merupakan tanda dari ras campuran, bukan ras Golden Retriever murni.

Dilansir dari Hepper, Kamis (11/8/2022), ada lima warna bulu Golden retriever meski dapat dicampur dan dicocokkan menjadi kombinasi berbeda seperti berikut. 

Baca juga: 10 Fakta Menarik Golden Retriever, Si Anjing Ceria yang Serbaguna

Golden retriever standar 

Ilustrasi anjing Golden retriever.Shutterstock/Burin P Ilustrasi anjing Golden retriever.
Ini mungkin hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika membayangkan warna bulu Golden Retriever. Warna ini tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Ini adalah warna bulu Golden retriever klasik.  

Mantel emas standar Golden Retriever hanya satu dari tiga warna bulu yang benar-benar diizinkan dalam pertunjukan di AS atau Inggris.

Pastikan memberi Golden penyikatan tepat setidaknya dua kali seminggu untuk menjaga bulunya tetap berkilau baik. Kunci lain, memastikan Golden mempertahankan diet sehat yang penuh omega-3. 

Baca juga: 11 Fakta Menarik Golden Retriever, dari Sejarah hingga Kepribadian 

Golden retriever light

Ilustrasi anjing Golden retriever berwarna terang, Ilustrasi mengajak anjing jalan-jalan. Unsplash/andriyko Ilustrasi anjing Golden retriever berwarna terang, Ilustrasi mengajak anjing jalan-jalan.
Golden retriver berwarna light atau terang sebenarnya adalah salah satu varietas warna yang paling umum. Warna bulu light ini banyak ditemukan pada anak anjing Golden retriever yang tidak diketahui orang. 

Halaman:
Sumber Hepper


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.