Kompas.com - 11/08/2022, 16:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Disebut-sebut sebagai penyegar udara alami, tanaman bunga menjadi tambahan yang menyenangkan untuk ruangan mana pun di rumah.

Tanaman bunga yang tumbuh sehat dan subur dapat membuat memberi kesegaran, warna, dan kehidupan, terlebih pada sudut rumah yang paling gelap dan menjemukan. 

Baca juga: Penyebab Daun Tanaman Berubah Coklat dan Cara Mengatasinya

Selain itu, meletakkan tanaman bunga di dalam rumah memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat menghilangkan bau dan mengharumkan ruangan. 

Dilansir dari Hunker, Kamis (11/8/2022), berikut beberapa tanaman bunga yang dapat menghilangkan bau di rumah. 

Krisan

Ilustrasi bunga krisanShutterstock/Igor Lushchay Ilustrasi bunga krisan
Bunga krisan (Chrysantheium morifolium) adalah tanaman bunga asli Eropa dan Asia. Tanaman serbaguna ini memiliki banyak kegunaan selain mempercantik ruangan, di antaranya sebagai insektisida, obat-obatan, dan membuat teh.

Selain itu, lantaran memiliki aroma sangat harum, bunga krisan dapat menghilangkan bau tak sedap di rumah. 

Baca juga: 4 Cara Merawat Bunga Krisan agar Tumbuh Subur dan Terus Mekar

Sebuah studi yang dilakukan National Aeronautics and Space Administration menunjukkan bahwa bunga krisan dapat mengurangi polusi dalam ruangan serta meningkatkan kualitas udara dengan menyerap gas polusi seperti karbon monoksida dan formaldehida.

Bunga krisan juga efektif menghilangkan benzena dan senyawa karsinogenik yang ditemukan dalam obat-obatan, karet, plastik, minyak, bensin, serta cat. 

Baca juga: 4 Manfaat Bunga Krisan dan Asal Usulnya, Bisa Jadi Teh sampai Obat 

Melati

Melati (Jasminum) terkait dengan keluarga tanaman zaitun. Terdiri dari sekitar 200 spesies, melati biasa ditemukan di daerah beriklim sedang dan tropis di dunia.

Tidak hanya menjadi tanaman hias luar ruangan di kebun dan halaman rumput, melati juga dapat menjadi tanaman hias yang indah di dalam rumah.

Halaman:
Sumber Hunker


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.