Kompas.com - 11/08/2022, 18:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki pencahayaan tepat dapat membantu kamar tidur terasa lebih tenang sehingga memudahkan istirahat dan bersantai.

Tentunya, pencahayaan minim dapat membuat kamu kesulitan membaca buku-buku favorit sebelum tidur, sebaliknya pencahayaan yang terlalu terang dapat menyilaukan mata dan membuat ruangan terasa panas.

Baca juga: Selain Watt, Ini yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Lampu

Dikutip dari Family Handyman, Kamis (11/8/2022), CEO The Light Center, Jennifer Johnson, mengatakan pencahayaan di kamar tidur perlu dibedakan untuk setiap jenis kegiatan yang dilakukan.

Salah satu pendiri sekaligus Creative Director di Lights.com, Sheva Knopfler, mengatakan perlu mempertimbangkan fungsi saat mengatasi pencahayaan kamar tidur.

“Apakah kamu perlu lampu tugas untuk meja? Atau mungkin lampu rias untuk area rias? Memiliki lapisan pencahayaan berdasarkan fungsionalitas ruangan selalu diperlukan,” ujarnya.

Dengan demikian, kamu tidak akan merasa kesulitan atau mengalami insomnia jika hanya memiliki satu sumber pencahayaan. Berikut cara menghadirkan pencahayaan di kamar tidur.  

Baca juga: 6 Kesalahan Tata Letak Kamar Tidur yang Kerap Dilakukan

Hadirkan pencahayaan berlapis

Ilustrasi kamar tidur anak dengan warna cat hot pink.Shutterstock/Artazum Ilustrasi kamar tidur anak dengan warna cat hot pink.

Menurut Knopfler, pencahayaan di kamar tidur sebaiknya berlapis. Kamu harus memiliki sumber pencahayaan utama seperti lampu plafon, lalu lampu aksen di sekitar ruangan.

“Misalnya, letakkan lampu aksen di samping tempat tidur agar tidak perlu bangun untuk mematikan lampu,” terangnya. 

Untuk lampu aksen di samping tempat tidur, kamu bisa gunakan lampu meja atau lampu dinding jenis sconce.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.