Kompas.com - 11/08/2022, 19:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang lebih memilih menjadikan ruang keluarga sebagai area hiburan bagi para tamu.

Selain ukurannya yang lebih luas daripada ruangan lainnya, ruang keluarga lebih mudah dijangkau karena biasanya terletak tidak jauh dari pintu masuk rumah.

Baca juga: Tips Mendekorasi Balkon agar Nyaman dan Sedap Dipandang

Akan tetapi, jika memiliki balkon yang terhubung pada area selain kamar tidur, ruang ini bisa dimanfaatkan untuk menghadirkan area hiburan lainnya.

Disadur dari Beauty Harmony Life, Kamis (11/8/2022), berikut ini cara mendekorasi balkon rumah untuk menjadikannya area hiburan. 

Siapkan area

Ilustrasi balkon rumah. Shutterstock/dadao Ilustrasi balkon rumah.

Sebelum mulai mendekorasi balkon, bersihkan area dari barang apa pun yang tidak diperlukan, lalu bersihkan kaca jendela yang menghadap ke balkon, dan cat ulang dinding area tersebut.

Barang-barang yang berantakan di area balkon bisa dibuang atau didonasikan. Jika masih dibutuhkan, taruh di tempat penyimpanan yang semestinya. Tentunya, kamu tidak ingin menghibur tamu di area balkon yang kotor, ramai dengan barang-barang, dan terlihat kumuh.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman untuk Membuat Taman yang Indah di Balkon Rumah

Pilih furnitur

Selanjutnya adalah memilih furnitur yang mencakup meja dan kursi. Kursi kecil jenis pouf juga bisa dihadirkan untuk menambah kenyamanan di area balkon.

Namun, jika abalkon tidak ditutup kaca, furnitur bermaterial kain kurang cocok lantaran bisa mengundang tumpukan debu dan lebih cepat kotor akibat cuaca buruk.

Sebagai solusi, gunakan furnitur yang terbuat dari material alami seperti bambu atau furnitur anyaman. Apalagi, furnitur anyaman terbuat dari material ramah lingkungan, tapi sangat sensitif terhadap perubahan suhu dan bisa terbakar di bawah sinar matahari.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.