Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kesalahan yang Sering Terjadi saat Mengecat Ulang Kabinet Dapur

Kompas.com - 11/06/2022, 09:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Meningkatkan tampilan dapur tidak melulu harus melakukan renovasi besar-besaran, serta mengganti atau mengubah tata letak seluruh perabot dan peralatan dapur.

Ada cara yang cukup mudah untuk mempercantik dapur, yakni dengan mengecat kabinet dapur. Kamu hanya perlu membeli beberapa kaleng cat dengan warna yang disukai, lalu mulai mewarnai perabot.

Baca juga: 5 Benda yang Dapat Diletakkan di Atas Kabinet Dapur

Namun, seperti disadur Real Simple, Sabtu (11/6/2022), ada sejumlah kesalahan yang sering dilakukan orang-orang saat sedang mengecat kabinet dapur, salah satunya adalah tidak mencopot pintu kabinet.

Ada pula kesalahan lain seperti tidak mengampelas kabinet, hingga lupa melabeli setiap pintu yang membuat proses pemasangan kembali kabinet menjadi lebih lama. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak selengkapnya.

Ilustrasi microwave, meletakkan microwave di bagian atas kabinet dapurUnsplash/JOSBRA design Ilustrasi microwave, meletakkan microwave di bagian atas kabinet dapur

1. Tidak mencopot pintu kabinet

Langsung mengecat kabinet tanpa melepaskan pintunya memang lebih menghemat waktu, tetapi langkah tersebut tidak boleh dilewati, terutama jika kamu tidak ingin mengecat pintunya.

Mencopot pintu kabinet dapat mencegah tetesan sembari memungkinkanmu untuk mengecat setiap permukaan kabinet, baik itu bagian dalam maupun luar.

Lebih lanjut, pintu kabinet yang ditaruh di ruangan terpisah dapat mengurangi risiko cedera karena kamu tidak akan tersandung saat sedang lalu lalang.

2. Tidak mengampelas kabinet

Home Expert di Thumbtack, David Steckle, mengungkapkan bahwa kesalahan terbesar dari mengecat kabinet dapur adalah tidak meluangkan waktu untuk mempersiapkan perabot tersebut.

Baca juga: Cara Membersihkan Jamur dari Kabinet Dapur

Mengecat ulang kabinet dapur mungkin terlihat bisa dilakukan sendiri, tetapi ini adalah proyek yang cukup menantang dan memakan waktu. Jika tidak dilakukan dengan baik, tampilan dapat menjadi buruk dalam beberapa bulan,” ujar Steckle.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com