Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cat Sudah Terkelupas? Ini 6 Cara Mengecat Ulang Dinding

Kompas.com - 20/05/2022, 11:12 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinding dengan cat yang mengelupas bisa membuat tampilan rumah terlihat kurang menarik dan tak elok dipandang.

Ada beberapa penyebab cat dinding rumah mengelupas seperti permukaan yang tidak disiapkan dengan baik sebelum mengecat dan kelembapan merembes dari dinding ke permukaan cat.

Mengecat ulang dinding adalah solusi untuk memperbaiki tampilan tersebut. Dilansir dari Home Guides SF Gate, Jumat (20/5/2022), berikut cara mengecat ulang dinding yang mengelupas. 

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat yang Sesuai dengan Desain Ruangan

Letakkan kain lap

Ilustrasi cat, ilustrasi mengecat ruangan, ilustrasi mengecat rumahShutterstock/fongbeerredhot Ilustrasi cat, ilustrasi mengecat ruangan, ilustrasi mengecat rumah
Langkah pertama mengecat ulang dinding yang mengelupas adalah meletakkan kain lap untuk menutupi lantai di bawah dinding.

Gunakan selotip di sekitar pintu, jendela, dan di atas alas tiang untuk melindungi area ini agar tidak terkena saat mengecat dinding.  

Baca juga: 5 Cara Tepat Mengecat Kamar Mandi agar Memberikan Hasil Sempurna  

Kikis cat

Sebelum mengecat dinding, bersihkan sisa-sisa cat yang masih menempel dengan mengikisnya, kemudian gunakan sikat kawat. Pastikan permukaan dinding sudah bersih. 

Perbaiki lubang atau retakan

Selanjutnya, perbaiki lubang atau retakan yang ada pada  dinding dengan senyawa penambal. Oleskan senyawa menggunakan pisau dempul dan ratakan dalam lapisan tipis untuk mengisi area ini di sepanjang dinding.

Setelah itu, biarkan senyawa penambal benar-benar mengering pada dinding. 

Baca juga: Ini Alasan Perlu Menggunakan Cat Primer Sebelum Mengecat Dinding

Ampelas dinding 

Cat tembok meninggalkan aroma kuat, untuk menetralkannya gunakan saja bahan-bahan alami.Unsplash/Theme Photos Cat tembok meninggalkan aroma kuat, untuk menetralkannya gunakan saja bahan-bahan alami.
Amplas dinding di atas area yang diperbaiki untuk membuatnya halus dan rata dengan dinding di sekitarnya sebelum menerapkan primer.

Bersihkan dinding untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel menggunakan kain bersih. 

Baca juga: 5 Mitos Mengecat Rumah yang Tidak Perlu Dipercaya 

Oleskan primer

Setelah selesai mengampelas dinding, oleskan primer ke dinding terlebih dahulu untuk menutup dinding dan mencegah masalah kelembapan.

Gunakan kuas cat terlebih dahulu untuk mengecat dinding di sekelilingnya, kemudian gunakan rol cat. Biarkan primer mengering sesuai dengan waktu pengeringan yang direkomendasikan pada kaleng cat.  

Baca juga: 6 Cara Menghadirkan Warna ke Ruangan Tanpa Perlu Mengecat Dinding

Gunakan cat lateks

Oleskan cat lateks dengan cara yang sama seperti primer. Biarkan cat mengering dan kemudian oleskan lapisan kedua, jika Anda mau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com