Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pilihan Warna Cat yang Sesuai dengan Desain Ruangan

Kompas.com - 19/05/2022, 20:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sedikit cat bisa sangat membantu saat mengatur estetika atau nada pada ruangan.

"Ada segudang penelitian yang mendokumentasikan bagaimana warna mempengaruhi suasana hati, bahkan perilaku," kata desainer interior, Kendall Wilkinson, dilansir dari Martha Stewart, Kamis (19/5/2022). 

Baca juga: Catat, Ini Warna Cat yang Tidak Boleh Digunakan di Ruang Makan

Warna yang lebih lembut dan lebih dingin seperti abu-abu, biru, atau hijau menciptakan ketenangan, sementara nada yang lebih hangat dan lebih hidup dalam keluarga kuning atau merah memberi energi. 

"Memilih warna cat yang sempurna bermuara pada dua hal, yaitu estetika yang ingin dicapai dan tujuan di balik ruang Anda," tambah Abbe Fenimore dari Studio Ten 25.

Anda dapat mencerahkan interior yang gelap dengan warna cat lebih terang, sementara warna lebih gelap cocok untuk ruangan dengan banyak cahaya alami. 

Berikut beberapa rekomendasi warna cat yang sesuai dengan desain ruangan menurut para ahli. 

Baca juga: 5 Warna Cat Dinding yang Membuat Rumah Terasa Lebih Menyenangkan

Minimalis

Ilustrasi ruang tamu minimalisUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi ruang tamu minimalis
Tampilan minimalis adalah semua tentang garis yang bersih dan ruang yang tidak berantakan. Itulah sebabnya Jessica Geller dari Toledo Geller menyarankan memilih warna cat yang tetap fokus pada arsitektur ruangan.

"Putih adalah pilihan yang jelas untuk estetika minimalis, tetapi juga bisa sangat mencolok dan bermanfaat. Kami lebih suka sesuatu dengan sedikit kedalaman untuk tampilan minimalis, terutama jika memiliki nada abu-abu," ungkapnya.  

Baca juga: 3 Cara Menemukan Warna Cat yang Tepat untuk Ruangan

Bohemia

Dipenuhi dengan tekstil menarik dan perabotan eklektik, ruang bohemian membutuhkan warna cat yang membuat dekorasi bersinar. 

Putih hangat memungkinkan furnitur memiliki kesan berbeda. Tidak hanya membantu pantulan cahaya alami di sekitar ruangan, tapi juga dapat menggunakannya untuk mengimbangi nada dingin di suatu ruangan. 

Baca juga: Trik Memilih Warna Cat Dinding agar Ruangan Lebih Nyaman dan Sejuk

Perdesaan

Ilustrasi kamar tidur bergaya farmhouse. Shutterstock/lilasgh Ilustrasi kamar tidur bergaya farmhouse.
Jika Anda penggemar furnitur perdesaan, rumah bergaya perdesaan atau pertanian (farmhouse) adalah pilihan yang cocok.

Menurut Wilkinson, rumah bergaya perdesaan membutuhkan warna cat putih pucat yang kaya, tetapi netral. "Kami menyukai nada lembut dan bersahaja untuk rumah pertanian modern," katanya. 

Ada begitu banyak warna putih yang bisa dipilih, jadi penting memutuskan apakah Anda menginginkan cat dengan nada keperakan yang lebih mencolok atau memilih warna putih yang lebih hangat. 

Baca juga: 4 Tips Mengombinasikan Warna Cat Dinding agar Sesuai Keinginan

Maksimalis

Gaya maksimalis menonjolkan dekorasi warna-warni yang layak untuk latar belakang yang berani.

"Warna hijau akan memberikan semburan warna tak terduga dan menciptakan sedikit getaran indoor-meet-outdoor yang terasa santai, namun elegan," kata Caitlin Murray dari Black Lacquer Design. 

Baca juga: 5 Cara Memilih Warna Cat Terbaik untuk Setiap Ruangan di Rumah

Industri

Abu-abu sejuk dapat meningkatkan suasana interior bergaya industrial yang edgy. "Pikirkan nuansa abu-abu untuk tampilan industri yang chic," kata Wilkinson. 

Wilkinson mengatakan abu-abu yang lebih lembut dapat dicampur dengan warna hitam yang lebih berani untuk menciptakan nada khusus yang dalam dan unik untuk ruangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com