Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Mitos Mengecat Rumah yang Tidak Perlu Dipercaya

Kompas.com - 04/05/2022, 18:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika datang untuk mengecat rumah, ada banyak kesalahpahaman tentang warna mana yang membuat ruangan terlihat lebih besar atau lebih cerah, aturan untuk warna trim dan plafon, serta cara menyempurnakan palet.

Belum lagi, banyaknya mitos tentang mengecat rumah membuat pemilik rumah semakin kebingungan melakukannya dan memilih warna cat yang tepat.

Untuk menghindari kesalahan serta mengatasi kebingungan tersebut, berikut sejumlah mitos mengecat rumah yang tidak perlu dipercaya dikutip dari Better Homes and Gardens, Rabu (5/4/2022). 

Baca juga: 7 Cara Memilih Warna Cat untuk Denah Lantai Terbuka Menurut Ahli

Cat vibrant baik untuk mencerahkan ruangan gelap

Ilustrasi mengecat dinding. SHUTTERSTOCK/TOPSELLER Ilustrasi mengecat dinding.
Dengan sedikit atau tanpa cahaya alami untuk melembutkannya, warna dinding yang cerah dapat terlihat menggelegar di sebuah ruangan.

Sebagai gantinya, pilihlah warna-warna terang seperti putih (dibanding warna abu-abu yang bisa terlihat gelap di ruangan gelap). Tambahkan beberapa sumber cahaya untuk menciptakan semangat. 

Setiap Ruangan harus memiliki warna berbeda

Desainer interior, Jackie Armour, menjelaskan bahwa sebuah rumah membutuhkan kontinuitas dan menggunakan warna yang sama akan membuat rumah Anda mengalir," kata 

Eva-Marie Wilken, desainer interior, mengecat sebagian besar ruangan di apartemen dengan warna biru kapur untuk kesan terpadu, kemudian dilapisi dengan aksen koral dan metalik.

"Saya sering mengganti aksesori dan itu bekerja paling baik jika ada keselarasan di antara mereka," ucapnya. 

Baca juga: 6 Warna Cat Vintage yang Diprediksi Kembali Populer Saat Ini 

Palet netral berarti nuansa beige, abu-abu, atau putih

Netral adalah cara lain untuk mendefinisikan nuansa warna yang lebih lembut dan menenangkan. Netral dapat digunakan dalam desain interior dengan dua cara—baik sebagai tampilan keseluruhan yang tenang maupun warna latar belakang untuk aksen dramatis.

Menggunakan palet warna netral menciptakan kesan yang cukup rendah, intensitas yang tidak dianggap sebagai warna nyata.

"Menggunakan lavender dengan nada abu-abu di kamar tidur, misalnya, menciptakan ruang yang menenangkan dan elegan dengan aksen krem dan putih," ujar Philip Mitchell dari Philip Mitchell Design. 

Baca juga: Kenali, Ini Tanda Cat Lateks Sudah Kedaluwarsa 

Tidak perlu memoles dinding jika menggunakan warna gelap

Cat tembok meninggalkan aroma kuat, untuk menetralkannya gunakan saja bahan-bahan alami.Unsplash/Theme Photos Cat tembok meninggalkan aroma kuat, untuk menetralkannya gunakan saja bahan-bahan alami.

Terlepas dari seberapa terang atau gelap warna cat, warna dinding dapat mempengaruhi tampilan cat baru, jadi efek akhirnya mungkin tidak sesuai dengan warna yang Anda pilih.

"Pikirkan tentang mengecat ruangan dengan warna hijau tua ketika warna dindingnya lavender," imbuh Jean Liu dari Jean Liu Design.

Pada dasarnya, warna hijau akan dinodai oleh lavender. Kami merekomendasikan dua lapis primer dan dua lapis cat untuk mencapai warna yang sebenarnya. 

Baca juga: Ini Alasan Perlu Menggunakan Cat Primer Sebelum Mengecat Dinding  

Semua dinding di ruangan harus berwarna sama

Menurut desainer interior, Rebecca Haskin, selain menarik perhatian, warna cat dinding lain membantu menentukan zona terpisah di ruangan tanpa sekat.

"Ini juga dapat digunakan untuk menambahkan kontras dan menonjolkan fitur arsitektural seperti perapian atau bentuk ruangan khusus."

Itulah yang dilakukan desainer Lauren Li dari Sisäll saat mengecat ruang tamu. Ia menggunakan dinding aksen biru-hitam yang dramatis menampilkan arsitektur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com