Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini 3 Kelebihan Furnitur Berbahan Kulit Poliuretan

Kompas.com - 04/05/2022, 15:11 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang sulit membedakan antara material kulit asli dan bahan sejenis kulit saat ingin membeli produk atau furnitur kulit.

Hal ini tentu bisa membingungkan bagi orang yang mungkin mencari kulit asli dan tidak  mengetahuinya. Sebaliknya, hal itu bermanfaat bagi mereka yang ingin mencari material menggunakan kulit buatan dan harga yang lebih murah. 

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Sofa Kulit dan Kain dengan Praktis Sambut Lebaran

Ada banyak jenis material kulit buatan, salah satunya kulit poliuretan (PU) yang paling umum digunakan. Kulit poliuretan digunakan sebagai pelapis di beberapa industri, termasuk transportasi, perawatan kesehatan, perhotelan, dan mode.

Bahan kain kulit buatan ini, seperti kulit imitasi, terbuat dari polimer termoplastik yang paling umum digunakan untuk furnitur, interior mobil, serta pakaian

Dilansir dari My Decorative, Rabu (4/5/2022), berikut tiga kelebihan furnitur material kulit poliuretan yang perlu diketahui. 

Baca juga: Cara Memperbaiki Tampilan Benda dan Furnitur Kulit yang Mulai Rusak

Tampilan dan kenyamanan

Ilustrasi sofa kulitSHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi sofa kulit
Salah satu kualitas utama yang dicari pelanggan dalam sebuah furnitur adalah bagaimana rasanya di kulit dan pas dengan postur mereka.

Desain struktural furnitur memecahkan masalah punggung dan leher, sedangkan kualitas kain memainkan peran penting dalam menentukan tingkat kenyamanan yang ditawarkan suatu barang.

Desain seperti itu membutuhkan solusi canggih seperti kulit poliuretan yang menggabungkan kualitas fungsional dan estetika sambil memastikan kekuatan dan kenyamanan yang tahan lama. 

Baca juga: 6 Furnitur Kulit yang Cocok Digunakan di Rumah

Beberapa pabrikan menawarkan fitur-fitur canggih seperti sistem ventilasi terintegrasi yang melampaui ekspektasi pelanggan terkait tingkat kenyamanan.

Selain itu, Anda dapat sering membersihkan kulit PU tanpa menyebabkan kerusakan serta membantu pengguna melindungi dari masalah bakteri dan penumpukan sel kulit mati.

Secara kolektif, manfaat ini memberi keuntungan cukup besar dalam hal biaya pemeliharaan dan pengobatan yang lebih rendah. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Menghilangkan Goresan pada Sofa Kulit

Mudah untuk dibersihkan

Ilustrasi sofa kulit berwarna cokelat di dalam ruanganFREEPIK/VANITJAN Ilustrasi sofa kulit berwarna cokelat di dalam ruangan
Baik itu material kulit asli maupun kulit poliuretan, keduanya memenuhi beberapa aplikasi furnitur premium yang umumnya dikaitkan dengan kemewahan dan kecanggihan.

Biasanya, produk-produk ini melayani pelanggan dengan apresiasi estetika yang indah. Namun, material kulit poliuretan hanya mempertahankan estetika jika dirawat dengan baik.

Meski tidak dapat dicuci, Anda dapat menggunakan praktik tertentu sesekali untuk mempertahankan tampilan kulit poliuretan dan membuatnya tahan lama.

Namun, merawat kulit asli bisa menjadi lebih membosankan dari yang diharapkan. Sementara itu, mencuci kulit poliuretan dapat dilakukan seperti plastik atau kain sintetis lainnya sambil menikmati tingkat kemewahan, estetika, juga kenyamanan yang sama.

Dengan alasan tersebut, membuat bahan kulit poliuretan saat ini banyak digunakan dan dipercaya beberapa pemasok furnitur kantor bermerek seperti Steelcase untuk alasan ini. 

Baca juga: Sofa Kulit Vs Sofa Kain, Mana yang Lebih Bagus? 

Tahan lama

Menyaksikan furnitur premium berpadu dengan arsitektur luar biasa memberikan pengalaman unik. Namun, membuat kombinasi yang indah ini perlu bekerja selama bertahun-tahun karena membutuhkan biaya perbaikan dan pemeliharaan yang besar.

Terkadang satu-satunya cara membuat material kulit poliyretan berfungsi seperti sebelumnya adalah mengganti suku cadang atau semua unit.

Kulit PU berkualitas baik menawarkan kenyamanan luar biasa, tampilan yang estetika, dan mampu bertahan lama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com