Kompas.com - 04/05/2022, 12:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) merupakan peralatan elektronik yang berfungsi menyejukkan atau mendinginkan ruangan

Untuk membuat AC terus bekerja optimal dan bertahan lama, penting untuk melakukan perawatan. 

Baca juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Tips Menghemat Listrik saat Menggunakan AC

Sayangnya, banyak orang yang abai melakukan perawatan AC ini sampai menemukan masalah seperti tidak maksimal mendinginkan ruangan, mengeluarkan bau dan suara bising, serta meningkatkan tagihan listrik

Karena itu, penting melakukan perawatan AC dari waktu ke waktu untuk mencegah permasalah tersebut. Lantas, apa saja manfaat merawat AC

Dikutip dari My Decorative, Rabu (4/5/2022), berikut lima manfaat merawat AC dari wakti ke watu. 

Baca juga: 5 Penyebab AC Mengeluarkan Udara Panas 

Meningkatkan performa AC 

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.SHUTTERSTOCK/BUTSAYA Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.
Tidak mungkin menjalankan AC dengan cara yang diinginkan jika tidak melakukan perawatan rutin. Misalnya, jika satu ruangan terasa dingin, tetapi ruangan lain mungkin terasa seperti oven panas, artinya Anda belum melakukan perawatan AC di ruangan kedua.

Akibatnya, berbagai bagian AC mungkin mengalami keausan dan debu dapat menumpuk di dalam sistem AC. Itulah sebabnya AC bekerja kurang efektif. 

Selain itu, kondisi ini memberikan lingkungan yang kurang nyaman. Karena itu, penting melakukan perawatan AC untuk membantu meningkatkan kinerjanya. 

Baca juga: 6 Tips Menghemat Penggunaan AC dan Listrik Saat Cuaca Panas

Memperpanjang umur AC

Kebanyakan orang percaya bahwa melakukan perawatan AC dari waktu ke waktu akan sedikit memakan biaya. Namun, jika tidak merawatnya dengan benar, Anda dapat menghasilkan lebih banyak uang. 

Hal ini terjadi karena tidak memberikan perawatan optimal pada AC. Akibatnya, AC dapat berhenti bekerja dan membuat Anda harus membeli AC baru yang mungkin lebih mahal daripada biaya perawatannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.