Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2022, 17:06 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- AC berfungsi untuk mendinginkan udara di dalam ruangan dan mengeluarkan udara panas ke luar ruangan. Sama seperti alat elektronik lainnya, AC juga membutuhkan pembersihan dan servis secara rutin.

Kotoran mungkin saja menumpuk atau komponen aus sehingga AC tidak dapat bekerja secara maksimal. Saat ruangan tertutup tak juga dingin meskipun AC sudah dinyalakan, mungkin ada yang salah dengan unit AC-mu.

Melansir dari Carrier, Rabu (27/4/2022) penyebabnya beragam, dari yang paling sederhana seperti kesalahan penyetelan hingga masalah kebocoran yang bisa menyebabkan sistem AC rusak dan mati total.

Baca juga: Pentingnya Mengatur Suhu AC untuk Menghemat Tagihan Listrik

Kesalahan dalam penyetelan thermostat

Salah satu alasan sederhana mengapa ruangan tak kunjung dingin meskipun AC sudah menyala adalah kesalahan dana penyetelan thermostat. Cek termostat untuk memastikan AC sudah di setel ke pengaturan dingin.

Terkadang termostat tidak sengaja terinstal ke mode angin atau panas. Jika sudah pada mode dingin, pastikan pula suhu sudah sesuai dengan yang kamu inginkan.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan AC di Kamar Tidur

Filter udara yang kotor

Setelah lama digunakan, filter pada AC dapat menyerap debu, kotoran dan partikel udara kecil lainnya sehingga menyebabkan penyumbatan.

Filter udara yang kotor dapat menghalangi udara dan mengurangi suhu dingin yang dikeluarkan unit AC.

Jika filter tak juga dibersihkan, tentunya dapat membuat AC rusak dan sistem mati total. Cobalah untuk memeriksa filter AC, caranya dengan mamatikan sistem, lepaskan filter dan bersihkan.

Baca juga: Simak, 6 Faktor yang Memengaruhi Cara Kerja AC di Ruangan

Unit kondenser tersumbat

Ilustrasi air conditioner (AC) atau pendingin ruangan. FREEPIK/LIFEFORSTOCK Ilustrasi air conditioner (AC) atau pendingin ruangan.

Sistem AC sentral memiliki unit kondensor luar ruangan, bagian luar kondensor ini terdiri dari koil besar yang membungkus sebagian besar unit luar. Sedangkan koil pada AC terdiri dari sirip logam tipis yang rapat.

Jika AC hidup namun tidak mengeluarkan suhu dingin, masalahnya mungkin ada pada koil kondensor yang tersumbat.

Saat beroperasi dengan benar, kipas kondensor menarik udara panas ke luar ruangan melalui koil. Kotoran dapat menumpuk di antara sirip sehingga menyebabkan penyumbatan koil.

Koil yang tersumbat bisa menyebabkan penurunan efisiensi energi dan kerusakan kompresor. Kamu bisa mencoba membersihkannya dengan membersihkan koil secara hati-hati, namun jika masalah ini masih terjadi sebaiknya gunakan jasa servis.

Baca juga: Ukuran AC yang Tidak Sesuai Ruangan Dapat Meningkatkan Tagihan Listrik

Kerusakan pada pompa panas

Dalam beberapa kasus unit luar ruangan mungkin merupakan pompa panas, pompa panas ini terlihat seperti unit AC dengan beberapa komponen berbeda di dalamnya yang memungkinannya mendinginkan dan memanaskan rumah.

Dalam operasi pendinginan, ia beroperasi seperti unit kondensor sistem AC dan mungkin saja memiliki masalah yang sama, koil yang kotor, tersumbat, koil beku, kebocoran refrigeran, malfungsi kompresor, dll.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com