Kompas.com - 27/04/2022, 13:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Apa kamu menyukai karya seni atau gemar mengoleksi foto? Tidak ada salahnya menggantung koleksimu ini pada dinding ruangan.

Dekorasi dinding berupa karya seni dapat membuat ruangan lebih berkarakter dan menarik. Tak hanya karya seni, untuk kesan yang lebih personal kamu juga bisa menggantung beberapa foto keluarga atau foto dirimu di area dinding.

Melansir dari Papier, Rabu (27/4/2022) Sebelum menggantung foto atau karya seni di dinding, beberapa hal penting ini perlu kamu pertimbangkan untuk membuatnya terlihat lebih menarik.

Baca juga: 5 Tips Dekor Ruangan Sempit dan Suram agar Terlihat Lebih Cerah

Memilih ketinggian yang tepat

JIka kamu menyukai karya seni atau foto dinding sebagai hiasan dindingmu, sebaiknya perhatikan ketinggiannya saat menggantungnya di dinding. Sesuaikan tinggi dekorasi dinding dengan tinggi dan fungsi ruangan tersebut.

Dinding standar: Untuk ruangan di mana kamu cenderung berdiri (lorong, dapur, kamar mandi), gambar harus digantung setinggi galeri (alias setinggi mata) sekitar 145 cm dari lantai.

Dinding tinggi: agar ruangan dengan dinding tinggi tidak terlihat membosankan, gantung kumpulan dekorasi atau karya seni. Namun sebaiknya gambar terendah tetap di gantung setinggi pandangan mata orang dewasa.

Dinding tangga: gantungkan karya seni 145cm dari anak tangga, begitu pula karya seni selanjutnya agar memberikan kesan diagonal.

Ruang duduk: untuk dekorasi dinding pada ruangan dimana orang-orang biasa duduk (ruang tamu, kantor dan ruang kerja. Gantung dekorasi tak lebih dari ketinggian 145cm.

Baca juga: 5 Tips Dekor Ruangan dengan Rumput Pampas yang Estetik

Pilih bingkai yang tepat

Ilustrasi bingkai fotoDok IKEA Indonesia Ilustrasi bingkai foto

Bingkai dekorasi seperti foto dan karya seni juga memegang peranan penting bagi ruangan. Pemilihan bingkai yang tepat dapat memberikan kesan keseimbangan dan proporsi yang sesuai pada ruangan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.