Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukuran AC yang Tidak Sesuai Ruangan Dapat Meningkatkan Tagihan Listrik

Kompas.com - 20/04/2022, 21:11 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat udara atau cuaca panas, AC menjadi peralatan elektronik yang paling diandalkan untuk menyejukkan ruangan.

Untuk menyejukkan ruangan saat cuaca panas, kebanyakan orang beranggapkan bahwa menjalankan AC dengan waktu lama dapat membuat ruangan terasa lebih dingin dan nyaman. 

Baca juga: Hemat Tagihan Listrik, Ini 6 Cara Membuat AC Bekerja Lebih Sedikit

Dilansir dari Hhaircon, Rabu (20/4/2022), idealnya AC harus mendinginkan rumah dalam waktu 15-20 menit. Namun, saat hari-hari sangat panas atau lembap, AC perlu bekerja lebih lama untuk mencapai suhu yang diinginkan.

Jika unit AC bekerja selama 20 menit tanpa mempengaruhi suhu rumah, AC mungkin terlalu kecil untuk ruangan. Dalam hal ini, Anda harus meningkatkan ukuran AC. 

Baca juga: Ragam Penyebab AC Bocor yang Sering Terjadi

Bisa merusak AC dan meningkatkan tagihan listrik

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.SHUTTERSTOCK/BUTSAYA Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.

Selain itu, unit AC yang terlalu besar untuk ruangan dapat memperpendek siklus dan mendinginkan rumah terlalu cepat, yakni sekitar 10 menit atau kurang.

Mencapai suhu dingin lebih cepat terdengar seperti sesuatu yang positif, tetapi siklus pendek berarti AC tidak bekerja secara efektif untuk mengurangi kelembapan di udara.

Lebih buruk lagi, membuat AC terlalu banyak bekerja dan membutuhkan lebih banyak untuk memperbaikinya. 

Baca juga: Apakah AC Harus Dimatikan saat Bepergian? 

Tak hanya itu, menjalankan AC sepanjang hari dapat membuat tagihan listrik meningkat. Ini biasanya terjadi jika AC memiliki ukuran yang tidak sesuai dengan ruangan, entah itu berukuran terlalu besar atau terlalu kecil. 

Ukuran AC yang tidak tepat ini dapat diketahui saat AC mengalami kesulitan untuk secara konsisten memenuhi suhu yang Anda atur sehingga terpaksa menjalankan AC lebih lama.

Baca juga: Ini Alasan Tidak Boleh Langsung Mengoperasikan AC yang Baru Dibeli

Unit AC yang terlalu besar cenderung berputar dan mati, sementara unit yang berukuran terlalu kecil akan berjuang cukup kuat untuk mendinginkan rumah. Kedua hal tersebut dapat membuat AC mengalami kerusakan lebih cepat.

Jika rumah membutuhkan AC baru, pastikan installer AC menghitung dengan tepat berapa kapasitas pendinginan yang dibutuhkan untuk rumah Anda.

Ini harus mempertimbangkan tata letak rumah, insulasi, dan jumlah peralatan yang menghasilkan panas. 

Baca juga: AC Berukuran Besar Mengeluarkan Udara yang Lebih Dingin, Benarkah?

Jadi, apa solusi mudah untuk menghemat tagihan listrik, tetapi membuat rumah tetap sejuk dan nyaman? 

Untuk mengurangi runtime AC, cobalah mendinginkan secara strategis hanya ruangan yang sedang digunakan dengan menutup pintu.

Menyesuaikan termostat hanya beberapa derajat ke suhu yang lebih hangat juga dapat membantu AC mencapai suhu yang disetel dengan tepat dan menghemat biaya listrik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com