Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Mengatur Suhu AC untuk Menghemat Tagihan Listrik

Kompas.com - 25/04/2022, 10:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika suhu ruangan cukup panas, AC atau pendingin ruangan menjadi peralatan elektronik yang paling diandalkan untuk menyejukkan ruangan dengan cepat. 

AC pun dioperasikan saat tidur untuk meningkatkan kualitas istirahat. Namun, efisiensi AC yang digunakan tergantung pada berbagai faktor, di mana Anda tinggal, jenis dan ukuran AC, cara Anda menggunakannya, dan banyak lagi. 

Dengan begitu banyak variabel, bagaimana Anda menentukan suhu AC yang ideal?

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan AC di Kamar Tidur

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.SHUTTERSTOCK/BUTSAYA Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.

Dilansir dari laman H & H Air Conditioning, Senin (25/4/2022), karena AC harus bekerja lebih keras untuk mengimbangi suhu yang panas, orang yang tinggal di iklim yang lebih hangat harus mengatur suhu pendinginan AC sedikit lebih rendah. 

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun efisiensi penting, begitu juga kenyamanan. Meskipun AC bisa mahal untuk dioperasikan, suhu optimal adalah suhu yang menyeimbangkan antara kenyamanan dan seberapa banyak Anda bersedia membayar tagihan listrik.

Untukuk memastikan efisiensi maksimum unit AC, suhu AC standar di iklim sedang harus diatur ke 25 hingga 27 derajat Celcius untuk pendinginan di musim panas. 

Mengapa mengatur suhu AC itu penting?

Tidur dan suhu tubuh manusia sangat berhubungan. Faktanya, secara biologis, kemampuan manusia untuk memasuki siklus bangun-tidur alami diatur olehnya.

 

Baca juga: Simak, 6 Faktor yang Memengaruhi Cara Kerja AC di Ruangan

Para ilmuwan percaya suhu tubuh manusia memengaruhi kualitas dan jumlah tidur yang Anda terima setiap malam. Tetapi bagaimana suhu tubuh inti manusia bekerja bersama dengan siklus tidur?

Pada siang hari, suhu tubuh inti manusia berfluktuasi terus-menerus, dan otak manusia melakukan ini secara alami tanpa disadari. Pada malam hari, ketika tubuh mereda, suhu tubuh inti mulai turun ke suhu yang lebih rendah dan sehat untuk mengantar Anda ke siklus tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com