Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2022, 08:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pendingin ruangan atau AC adalah alat elektronik yang digunakan di banyak rumah. Seperti alat elektronik lainnya, AC juga memiliki jangka waktu pemakaian.

Ketika jangka waktu pemakaian tersebut terlewati, cara kerja AC akan menurun tidak seperti saat pertama kali digunakan. Berapa lama umur pemakaian AC

Dilansir dari Achr News, Senin (4/4/2022),.

Ilustrasi pendingin ruangan atau AC di ruangan dengan kaca besar. SHUTTERSTOCK/DARIUSZ JARZABEK Ilustrasi pendingin ruangan atau AC di ruangan dengan kaca besar.
menurut Nick Rohan, CEO RESSAC Climate Control Technologies di Glendale, California, ada banyak sekali faktor yang digunakan untuk memproyeksikan berapa lama AC bisa bertahan.

Baca juga: 4 Hal yang Menandakan AC Bekerja Terlalu Keras

"Ini bervariasi berdasarkan jam kerja per hari, kedekatan dengan kontaminan korosif, seberapa baik peralatan telah dipelihara, apakah ada perbaikan besar yang telah dilakukan, dan faktor lainnya,” katanya.

Berdasarkan variabel-variabel ini, Rohan melihat rentang umur AC berkisar 10-30 tahun dengan rata-rata 20 tahun.

“Sebagai konsumen dan profesional, saya mengharapkan AC bisa bertahan hingga 20 tahun,” jelas Tom Beaulieu, Presiden Direktur Bay Area Services Inc di Green Bay, Wisconsin. 

Adapun unit outdoor AC, karena berada di luar ruangan dan terpapar cuaca ekstrem, biasanya memiliki harapan hidup yang lebih pendek yaitu 15 tahun.

Baca juga: AC Mengeluarkan Asap Putih? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

"Definisi tentang akhir masa pakai untuk peralatan apa pun adalah ketika unit telah beroperasi lebih dari dua pertiga dari masa pakai yang diharapkan dan membutuhkan perbaikan yang melebihi 25 persen dari biaya penggantian penuh. Selain itu, jika suku cadang perbaikan tidak lagi tersedia atau beberapa komponen, seperti refrigeran, telah atau akan menjadi usang, AC kemungkinan besar perlu diganti," papar Beaulieu. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com