Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hemat Tagihan Listrik, Ini 6 Cara Membuat AC Bekerja Lebih Sedikit

Kompas.com - 19/04/2022, 21:56 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - AC berfungsi menyejukkan ruangan, terlebih pada cuaca panas. Namun, selama cuaca panas, penggunaan AC cenderung meningkat lantaran bekerja lebih keras untuk membuat bagian dalam rumah tetap sejuk dan nyaman. 

Tak heran, hal ini membuat tagihan listrik melonjak. Misalnya, di daerah yang lebih hangat, biaya AC dapat mencapai hingga 70 persen dari tagihan listrik musim panas.

Baca juga: Ragam Penyebab AC Bocor yang Sering Terjadi

Maka itu, banyak pemilik rumah yang mencari cara menjaga unit AC mereka tidak menyala sepanjang waktu. Dengan begitu, dapat menghemat tagihan energi selama bulan-bulan musim panas. 

Nah, dikutip dari Bobvila, Selasa (19/4/2022), berikut ini sejumlah cara membuat AC bekerja lebih sedikit. 

Baca juga: Apakah AC Harus Dimatikan saat Bepergian?

Ganti filter secara teratur 

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan, pemeliharaan AC. SHUTTERSTOCK/M2020 Ilustrasi AC atau pendingin ruangan, pemeliharaan AC.
Ventilasi udara balik di rumah menarik udara dari ruang keluarga melalui unit AC, mendinginkannya, dan kemudian meniupkan udara "terkondisi" kembali ke ruangan melalui register suplai.

Filter tepat di dalam penutup ventilasi udara balik mencegaj partikel di udara seperti serat karpet, debu, bulu hewan peliharaan, dan sebagainya masuk ke unit AC.

Dalam waktu hanya beberapa minggu, filter ini dapat tersumbat oleh partikel sehingga mengurangi aliran udara ke unit AC.

Mengganti filter secara teratur dapat mencegah AC bekerja terlalu keras untuk menarik udara. Ganti filter udara balik setidaknya setiap tiga bulan atau jika hewan peliharaan memiliki bulu yang rontok, ganti filter setiap satu hingga dua bulan. 

Baca juga: Berapa Suhu AC yang Ideal untuk Tidur? 

Tutup kebocoran di sekitar ruang keluarga 

Udara panas yang masuk ke rumah dapat membuat AC bekerja keras mendinginkan ruangan. Menutup kebocoran udara adalah langkah penting dalam mengurangi waktu penggunaan AC dan ini bisa dilakukan dengan mudah.

Tutupi setiap celah yang ada pada ruang kleuarga atau ruangan tempat AC dipasang. Anda bisa menerapkan lapisan insulasi busa semprot titik. 

Cukup semprotkan cairan tipis-tipis ke tempat yang ingin Anda tutup dan isolasi, lalu cairan akan dengan cepat mengembang membentuk lapisan insulasi yang padat. 

Baca juga: Ukuran AC yang Besar Tidak Selalu Baik, Kenapa? 

Dempul jendela 

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.SHUTTERSTOCK/BUTSAYA Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.
Jendela berangin yang memungkinkan udara panas masuk ke rumah dapat melawan upaya AC mendinginkan ruangan.

Untuk menjaga biaya AC tetap rendah, pastikan memeriksa jendela dari kebocoran udara dan berhati-hatilah saat menyegelnya.

Dempul dapat menjadi rapuh seiring waktu dan menariknya, jadi Anda harus mengikis dempul lama dengan pisau dempul sebelum menerapkan dempul baru.

Untuk segel terbaik, pastikan trim jendela benar-benar kering sebelum menerapkan dempul segar dan gunakan jari Anda atau bagian belakang sendok kecil untuk menghaluskan manik-manik ke dalam jahitan. 

Baca juga: Ini Alasan Tidak Boleh Langsung Mengoperasikan AC yang Baru Dibeli 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com