Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/04/2022, 10:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendinginkan ruangan dengan cepat, AC menjadi solusinya. Akan tetapi, Anda tidak boleh sembarang memilih AC untuk semua ruangan di dalam rumah, sebab AC memiliki ukuran untuk tiap ruangan yang berbeda-beda.

Selain itu, penggunaan listrik pun berbeda untuk berbagai ukuran AC

Dilansir dari laman US Department of Energy, Senin (11/4/2022), kapasitas pendinginan yang diperlukan untuk AC tergantung pada ukuran ruangan yang didinginkan. AC umumnya memiliki kapasitas pendinginan yang berkisar dari 5.500 BTU per jam hingga 14.000 BTU per jam. 

Baca juga: Ini Alasan Tidak Boleh Langsung Mengoperasikan AC yang Baru Dibeli

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan. SHUTTERSTOCK/DONIKZ Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.

Ukuran yang tepat sangat penting untuk pendingin udara yang efisien.

Meskipun banyak orang yang berpikir memiliki AC dengan kapasitas besar merupakan hal yang lebih bagus karena dapat mendinginkan ruangan dengan cepat.

Akan tetapi, membeli AC berkapasitas lebih besar dari yang dibutuhkan tidak akan membuat Anda merasa lebih nyaman selama bulan-bulan musim panas.

Faktanya, AC yang terlalu besar untuk area yang kecil akan berkinerja kurang efisien dan kurang efektif dibandingkan unit yang lebih kecil dan berukuran tepat.

Baca juga: AC Berukuran Besar Mengeluarkan Udara yang Lebih Dingin, Benarkah?

Alasannya adalah unit yang terlalu besar akan mendinginkan ruangan ke titik setel termostat sebelum terjadi dehumidifikasi yang tepat, membuat area tersebut terasa lembap dan tidak nyaman. 

Adapun unit AC kecil atau sesuai dengan ruangan yang beroperasi dalam waktu lama beroperasi lebih efisien dan lebih efektif dari unit besar yang siklus hidup dan mati terlalu sering.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com