Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/04/2022, 08:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bingkai tempat tidur atau dipan akan melengkapi tampilan kamar tidur Anda. Bingkai tempat tidur juga dapat mendukung tidur malam yang lebih baik karena Anda tidak seperti berbaring di lantai.

Akan tetapi, bingkai tempat tidur juga bisa mahal harganya, terutama jika Anda tidak tahu jenis bingkai tempat tidur yang ingin digunakan. Nah, untuk menghemat biaya, Anda bisa membuat bingkai tempat tidur dari kayu palet.

Dilansir House Beautiful, Senin (11/4/2022), Kate Espada, desainer produksi, seniman pemandangan, dan dekorator set untuk film memberikan cara membuat bingkai tempat tidur dari kayu palet.

Baca juga: 4 Tips Feng Shui Tempat Tidur untuk Kesehatan dan Kualitas Tidur

Ilustrasi kayu palet, palet kayu. PIXABAY/DANIEL KIRSCH Ilustrasi kayu palet, palet kayu.

Bahan yang dibutuhkan

  • Palet kayu (sekitar 40 x 48 inci)
  • Amplas
  • Cat kayu atau cat pernis
  • Kuas cat
  • Bracket flat
  • Bracket corner
  • Sekrup 1,5 inci

Cara membuat bingkai tempat tidur dari kayu palet

Pertama, Anda perlu mengukur kasur sehingga Anda tahu berapa banyak kayu palet yang harus dibeli. Setelah mengetahui panjang dan lebar yang sesuai, Anda dapat berbelanja palet yang sesuai.

Akan tetapi, Anda perlu memastikan bahwa Anda membeli dua kali lipat jumlahnya sehingga dapat menumpuk dua di atas satu sama lain untuk ketinggian ekstra. Pastikan juga untuk membeli cukup kayu palet untuk sandaran kepala tempat tidur jika Anda berencana untuk membuatnya.

Baca juga: Menyimpan Barang di Bawah Tempat Tidur Tidak Bagus Menurut Feng Shui?

Segera setelah Anda mendapatkan persediaan kayu palet, tata dan ratakan tepi yang kasar dengan amplas. Selanjutnya, cat semua palet dengan warna yang Anda inginkan, lalu biarkan hingga benar-benar kering.

Jika Anda menginginkan efek mengkilap, tambahkan lapisan cat pernis. Selain estetika yang mengilap, lapisan pernis dapat membuat kayu palet lebih tahan lama dan mengisi bagian tepi yang bergerigi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com