Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menghemat Penggunaan AC dan Listrik Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 01/05/2022, 11:54 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber CNET

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim panas, ada sejumlah hal yang harus dipersiapkan rumah untuk menghadapi cuaca panas, salah satunya menjaga rumah tetap sejuk. 

Menjalankan AC adalah solusi mudah menyejukkan serta membuat rumah tetap nyaman selama cuaca panas. Namun, penggunaan AC yang meningkat atau secara terus-menerus saat cuaca panas dapat membuat tagihan listrik melonjak. 

Baca juga: 6 Penyebab dan Cara Mengarasi AC Tidak Dingin

Beruntung, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyejukkan ruangan tanpa membuat tagihan listrik dan AC meningkat. 

Nah, dikutip dari CNET, Minggu (1/5/2022), berikut tips menghemat penggunaan AC dan biaya listrik saat cuaca panas.

Periksa kebocoran udara di rumah 

Ilustrasi AC atau pendingin udaraShutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi AC atau pendingin udara
Udara dingin di dalam rumah bisa merembes keluar melalui pintu dan jendela yang tidak disegel atau terisolasi dengan baik. Selain membuang energi, hal ini bisa membuat tagihan listrik melonjak.  

Untuk itu, cobalah memeriksa kebocoran dan setiap celah di rumah Anda untuk menghemat energi. 

Caranya, berdirilah di luar rumah dan gerakkan tangan Anda di sekitar jendela dan pintu. Bila bisa merasakan udara dingin keluar, artinya ada celah pada pintu dan jendela yang tidak tersegel dengan baik. Segera menambal celah-celah tersebut. 

Baca juga: Pentingnya Mengatur Suhu AC untuk Menghemat Tagihan Listrik

Dapatkan termostat pintar

Jika belum meningkatkan ke termostat pintar, mungkin sudah waktunya melakukan perubahan. Termostat pintar dapat mengatur pemanasan dan pendinginan saat Anda tidak di rumah untuk menghemat pengeluaran.

Ditambah, Anda dapat menyesuaikan pengaturan termostat pintar dari jarak jauh menggunakan aplikasi di ponsel atau melalui perintah suara. 

Periksa penempatan termostat 

Ilustrasi termostatUnsplash/Dan LeFebvre Ilustrasi termostat
Penempatan termostat dapat memainkan peran besar dalam seberapa baik AC bekerja. Misalnya, jika meletakkan termostat pada dinding tepat di sebelah jendela yang panas, AC akan lebih sering menyala daripada yang seharusnya karena akan menganggap ruangan lebih panas daripada sebenarnya. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan AC di Kamar Tidur

 

Tutup tirai

Jendela yang membiarkan sinar matahari masuk tidak hanya memanaskan termostat, tetapi juga menghangatkan Anda.

Selama cuaca panas, tutup tirai untuk mencegah sinar matahari serta membantu melindungi jendela yang dapat menghentikan keluarnya udara dingin. 

Baca juga: Ukuran AC yang Tidak Sesuai Ruangan Dapat Meningkatkan Tagihan Listrik

Gunakan kipas angin plafon 

Anda tidak perlu selalu menaikkan suhu AC untuk membuat ruangan terasa lebih sejuk. Menggunakan kipas angin plafon dapat membuat ruangan terasa lebih sejuk, cukup untuk meningkatkan suhu termostat hingga empat derajat "tanpa mengurangi kenyamanan".

Jika ingin mendapatkan teknologi tinggi, Anda dapat memasang kipas angin pintar yang terhubung ke aplikasi dan secara otomatis menyesuaikan berdasarkan jadwal yang Anda buat.

Pastikan kipas angin berputar berlawanan searah jarum jam pada musim panas untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat maksimal. 

Baca juga: Hemat Tagihan Listrik, Ini 6 Cara Membuat AC Bekerja Lebih Sedikit

Naikkan suhu termostat

Ilustrasi kipas angin gantung atau plafon. Shutterstock/Casper1774 Studio Ilustrasi kipas angin gantung atau plafon.
Atur termostat ke suhu tertinggi untuk membuat nyaman ruangan dan menghemat banyak biaya. Termostat yang dapat diprogram memudahkan Anda menjaga AC pada suhu yang tepat.

Anda dapat memprogram unit untuk bekerja pada suhu yang lebih tinggi saat sedang bekerja dan mendinginkannya sebelum Anda tiba di rumah. 

Baca juga: Ragam Penyebab AC Bocor yang Sering Terjadi

Menurut Nebraska Energy Office, dengan menyetel termostat Anda hanya -9 sampai -12 derajat Celsius selama delapan jam setiap hari dapat menghemat 10 persen tagihan pendingin dalam setahun. 

Departemen Energi Amerika Serikat merekomendasikan mencapai suhu dalam ruangan 25 derajat Celsius saat berada di rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com