Kompas.com - 01/05/2022, 08:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen Idul Fitri juga dimanfaatkan orang untuk berlibur selain mudik. Sama dengan mudik, berlibur juga meninggalkan rumah untuk waktu lama.

Sebelum berangkat berlibur Lebaran, pastikan memeriksa semua peralatan elektronik di rumah dalam keadaan mati, bahkan mencabutnya dari stopkontak

Baca juga: Bahaya Meninggalkan Hewan Peliharaan Sendirian di Rumah Saat Mudik

Hal ini tak hanya menghemat energi listrik, tapi juga bisa meminimalkan bahaya kebakaran yang disebabkan korsleting listrik.

Dilansir dari Lifehacker, Minggu (1/5/2022), berikut beberapa peralatan elektronik yang harus dimatikan dan mencabutnya sebelum meninggalkan rumah untuk berlibur.  

Peralatan elektronik yang harus dimatikan 

 

  • Penyejuk udara (AC) 

 

Ilustrasi AC atau pendingin udaraShutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi AC atau pendingin udara
Bila tidak ada orang di dalam rumah, Anda tidak perlu menyejukkan atau membuat dingin ruangan. Karena itu, jangan lupakan mematikan AC sebelum meninggalkan rumah.  

Baca juga: 8 Hal yang Harus Dilakukan di Rumah Sebelum Pergi Mudik, Apa Saja?

 

  • Mesin air 

 

Mematikan mesin air tidak akan menghemat uang pada awalnya, tetapi dapat menghemat beberapa jika ada potensi kebocoran.

Tidak perlu waktu lama untuk mematikan dan menyalakannya kembali, jadi sebaiknya mematikan mesin air selama berlibur. 

Membiarkan lampu menyala sepanjang waktu saat sedang berlibur adalah pemborosan energi. Jika khawatir tentang keamanan, pasang beberapa lampu yang bisa menyala otomatis ketika  hari sudah gelap atau pada malam hari. 

Baca juga: Lampu Tanam dan Lampu Plafon, Apa Bedanya? 

Peralatan yang harus dicabut 

  • Peralatan elektronik dengan satu daya eksternal atau "bata daya" 

Ilustrasi mesin cuci.PlanetCare/ Unsplash Ilustrasi mesin cuci.
Laptop, konsol video game, stereo, pengisi daya ponsel cerdas, dan perangkat serupa lainnya terus-menerus menarik daya ke catu dayanya. Cabut semua peralatan elektronik itu sebelum meninggalkan rumah. 

  • Peralatan elektronik dengan mode siaga atau "tidur" 

Desktop PC, televisi (TV), kotak kabel, pemutar DVD/Blu-ray,  radio, dan apa pun dengan remote control tidak pernah benar-benar "mati".

Jika item memiliki fitur "hidup instan" atau memiliki lampu LED yang menyala saat mati, item tersebut selalu menghabiskan daya dalam jumlah kecil. Cabut semua alat elektronik itu. 

Baca juga: 5 Peralatan Elektronik yang Bikin Boros Listrik dan Tips Menghematnya 

  • Modem dan router 

Kedua peralatan ini selalu menggunakan daya listrik. Cabut kabelnya dan Anda tidak hanya akan menghemat biaya energi, tetapi juga menghindari dari peretasan Wi-Fi saat Anda pergi.  

  • Peralatan kecil 

Pemanggang roti, blender, penanak nasi, mesin kopi, pengolah makanan, microwave, serta kipas angin perlu dicabut sebelum meninggalkan rumah untuk berlibur. 

Baca juga: 6 Peralatan Elektronik yang Harus Dicabut pada Malam Hari 

Jika memiliki mesin cuci atau pengering baru yang mewah dengan lampu, pengatur waktu digital dan sejenisnya dapat menguras daya saat "mati" seperti halnya komputer atau TV. Jadi, cabut mesin cuci dari stopkontak sebelum pergi berlibur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Lifehacker
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.