Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Meninggalkan Hewan Peliharaan Sendirian di Rumah Saat Mudik

Kompas.com - 29/04/2022, 18:08 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa mudik Lebaran telah tiba. Puncak mudik Lebaran 2022 diprediksi terjadi hari ini, Jumat (29/4/2022), dan Sabtu (30/4/2022). 

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak orang memilih mudik alias pulang ke kampung halaman. Apalagi, saat ini, pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk mudik setelah dua tahun lamanya melarang mudik akibat pandemi virus Covid-19.  

Baca juga: Bolehkah Membawa Hewan Peliharaan Mudik? Ini Kata Dokter Hewan

Pemerintah memprediksi ada sekitar 80 juta orang yang akan mudik pada Lebaran 2022 ini. Tak heran, ini disebut sebagai mudik terbesar. 

Ya, mudik telah menjadi tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia saat Idul Fitri. Namun, bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan di rumah seperti anjing atau kucing, memutuskan untuk mudik tidaklah mudah. 

Pasalnya, meninggalkan sahabat bulu sendirian selama mudik tentu membuat banyak kekhawatiran dan berisiko buruk bagi hewan. 

Baca juga: Simak, Ini 7 Tips Aman Membawa Hewan Peliharaan Mudik

Ilustrasi anjing berbaring di tempat tidurnyaUnsplash/Roberto Nickson Ilustrasi anjing berbaring di tempat tidurnya
Namun, membawa hewan peliharaan mudik juga membutuhkan banyak pertimbangan, apalagi hewan rentan mengalami stres selama di perjalanan.

Menurut Yohana Novita Kristiani, dokter hewan yang berpraktik di klinik hewan Uttara Veterinary, Madiun, Jawa Timur, hewan peliharaan kerap mengalami stres selama di perjalanan karena situasi yang berbeda serta membuatnya tak sebebas di rumah. 

Stres perjalanan ini sulit dihindari dan membuat hewan peliharaan merasa nyaman selama di perjalanan juga cukup sulit dilakukan.

Baca juga: Ingin Titip Hewan Peliharaan Selama Mudik? Ini Syarat dan Fasilitasnya

"Pasti hewan akan tetap stres, apalagi bila tidak terbiasa," kata Yohana yang dihubungi Kompas.com via pesan teks, baru-baru ini.

Untuk itu, Yohana menyarankan tidak membawa hewan peliharaan mudik bila menempuh perjalanan hingga seharian atau memakan waktu belasan jam. 

Meski begitu, kata Yohana, meninggalkan hewan peliharaan sendirian di rumah selama mudik juga tidak disarankan meski telah menyediakan kebutuhan hewan secara lengkap. 

Baca juga: 6 Tips Menjaga Tanaman Hias Tetap Hidup Selama Ditinggal Mudik

Ilustrasi kucing tidur di koper, Ilustrasi membawa hewan peliharaan mudik.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kucing tidur di koper, Ilustrasi membawa hewan peliharaan mudik.
Yohana memperingatkan bahwa ada sejumlah dampak buruk yang dapat dialami hewan peliharaan saat meninggalkannya sendirian di rumah.

Pertama, sahabat bulu bisa merasa sedih dan kesepian, terlebih bila hewan terbiasa berinteraksi dengan pemiliknya.

Kedua, dikhawatirkan hewan peliharaan kekurangan nutrisi seperti makanan dan minuman. 

Ketiga, berisiko membahayakan hewan peliharaan. Rasa kesepian bisa membuat hewan menjadi stres dan enggan makan, yang akhirnya membuatnya jatuh sakit.  

Baca juga: 8 Hal yang Harus Dilakukan di Rumah Sebelum Pergi Mudik, Apa Saja?

Ketika kondisi hewan peliharaan ini kurang baik, tetapi tidak diketahui dan tidak mendapat pertolongan segera, tentu bisa berisiko fatal bagi hewan. 

"Jadi, jika mau meninggalkan hewan peliharaan mudik, sebaiknya menitipkannya ke petshop, klinik hewan, teman, atau saudara yang mau dititipkan," imbuh dokter lulusan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com