Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Liburan Saat Lebaran? Matikan dan Cabut Peralatan Elektronik Ini

Sebelum berangkat berlibur Lebaran, pastikan memeriksa semua peralatan elektronik di rumah dalam keadaan mati, bahkan mencabutnya dari stopkontak. 

Hal ini tak hanya menghemat energi listrik, tapi juga bisa meminimalkan bahaya kebakaran yang disebabkan korsleting listrik.

Dilansir dari Lifehacker, Minggu (1/5/2022), berikut beberapa peralatan elektronik yang harus dimatikan dan mencabutnya sebelum meninggalkan rumah untuk berlibur.  

  • Mesin air 

Mematikan mesin air tidak akan menghemat uang pada awalnya, tetapi dapat menghemat beberapa jika ada potensi kebocoran.

Tidak perlu waktu lama untuk mematikan dan menyalakannya kembali, jadi sebaiknya mematikan mesin air selama berlibur. 

  • Lampu

Membiarkan lampu menyala sepanjang waktu saat sedang berlibur adalah pemborosan energi. Jika khawatir tentang keamanan, pasang beberapa lampu yang bisa menyala otomatis ketika  hari sudah gelap atau pada malam hari. 

  • Mesin cuci

Jika memiliki mesin cuci atau pengering baru yang mewah dengan lampu, pengatur waktu digital dan sejenisnya dapat menguras daya saat "mati" seperti halnya komputer atau TV. Jadi, cabut mesin cuci dari stopkontak sebelum pergi berlibur.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/01/082700576/ingin-liburan-saat-lebaran-matikan-dan-cabut-peralatan-elektronik-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke