Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan, Hal yang Bisa Memperpendek Usia 9 Peralatan Elektronik Ini

Kompas.com - 04/01/2022, 11:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli peralatan rumah tangga bisa menjadi investasi besar, namun jika terjadi kesalahan, itu bisa membuat masalah yang tidak kecil. Jadi, merawatnya hingga akhir masa pakainya menjadi hal yang wajib bagi pemilik peralatan elektronik rumah tangga. 

Akan tetapi, banyak orang yang menyalahkan umur produk yang tampaknya lebih pendek, padahal peralatan rumah tangga yang rusak terkadang menjadi kesalahan pemiliknya.

Berikut, dilansir dari Family Handyman, Selasa (4/1/2022), adalah beberapa perilaku yang membuat peralatan rumah tangga cepat rusak. 

Baca juga: 5 Kesalahan Ini Bisa Membuat Food Processor Rusak

1. Mesin cuci 

Memasukkan handuk atau T-shirt ekstra ke mesin cuci Anda adalah ide yang buruk, sebab beban berat yang konstan membuat mekanisme aus seperti agitator sentral.

Kesalahan lainnya adalah menggunakan terlalu banyak deterjen. Meskipun Anda mungkin tergoda untuk memasukkan pod ekstra atau tutup botol untuk pakaian yang benar-benar kotor, ini dapat meningkatkan waktu siklus bilas.

Mengapa ini menjadi masalah besar? Mesin cuci memiliki masa pakai yang terbatas, jadi setiap pencucian membawanya lebih dekat ke akhir.

Jika Anda memiliki mesin dengan efisiensi tinggi, Anda perlu menggunakan lebih sedikit deterjen atau deterjen yang diformulasikan khusus untuk jenis mesin cuci. 

Baca juga: Cara Mengganti Pegangan Toilet yang Rusak dan Berkarat

2. Vacuum cleaner 

Terkadang, menggosongkan sisa debu yang ada di dalam vaccum cleaner menjadi pekerjaan yang terlupakan. Tetapi unit yang terisi penuh tidak hanya akan berjalan kurang efisien, tetapi juga pada akhirnya akan memperpendek umur alat.

Penurunan hisapan yang tiba-tiba merupakan indikator yang baik. Tapi itu bukan satu-satunya masalah yang perlu Anda waspadai jika Anda ingin vakum tetap berjalan selama mungkin.

3. Pembuat kopi

Mengapa pembuat kopi Anda berhenti bekerja? Mungkin karena Anda gagal mempertahankannya. Ya, Anda perlu membersihkan kerak mesin secara teratur.

Ini menghilangkan mineral, jamur, debu, dan kotoran lain yang menumpuk seiring waktu, menyebabkannya menjadi terlalu panas dan rusak. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com