Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat dan Membersihkan Furnitur Kulit agar Tetap Berkilau

Kompas.com - 03/03/2022, 09:06 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa kulit memberikan tampilan lebih mewah dan bergaya di dalam sebuah ruangan. Namun, sofa kulit memerlukan perawatan ekstra agar tampilannya tetap berkilau dan mewah.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (3/3/2022), untuk merawat sofa kulit tidak selalu membutuhkan produk pembersih khusus.

Anda dapat merawat dan membersihkan noda pada sofa kulit menggunakan detergen rumah tangga biasa dan cuka. Sedangkan, untuk mengembalikan lapisan kulit, dapat menggunakan minya biji rami dan minyak kelapa. 

Baca juga: Cara Membuat Permukaan Sofa Kulit Menjadi Tidak Licin

Merawat furnitur kulit

Ilustrasi sofa kulitSHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi sofa kulit

Larutan cuka putih dan air dengan perbandingan 1:1 efektif membersihkan sofa dan kursi kulit. Pertama, hilangkan debu dengan penyedot debu, lalu basahi kain mikrofiber dalam larutan, seka permukaan kulit, dan keringkan dengan kain lembut.

Caranya, campurkan satu bagian cuka putih dengan dua bagian minyak biji rami. Setelah itu, masukkan kain bersih ke dalam larutan dan peras, lalu seka ke permukaan furnitur kulit, dan biarkan semalaman. 

Baca juga: Tips Menjaga Sofa Putih Tetap Bersih dan Bebas Noda 

Noda pada furnitur kulit

Noda gelap pada furnitur berwarna terang sering kali muncul seiring waktu. Untuk menghilangkannya, campurkan perasan lemon dan krim tartar sampai membentuk pasta, kemudian oleskan pada noda, dan biarkan sekitar 10 menit sebelum menyekanya dengan spons basah.

Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk menyerap noda minyak. Caranya, taburkan baking soda pada furnitur kulit yang terdapat noda, lalu biarkan selama beberapa jam sebelum dibersihkan. 

Jika tinggal di iklim lembap, jamur dan lumut bisa menjadi masalah. Hapus noda ini dengan larutan alkohol dan air dengan perbandingan 1:1. 

Baca juga: Ketahui, Ini Panduan Memilih Ukuran Sofa yang Tepat 

Kondisioner minyak kelapa

Ilustrasi sofa kulit berwarna cokelat di dalam ruanganFREEPIK/VANITJAN Ilustrasi sofa kulit berwarna cokelat di dalam ruangan
Kunci merawat furnitur kulit dan pakaian kulit adalah mengoleskan minyak alami secara berkala untuk mengusir kelembapan.

Anda bisa menggunakan minyak biji rami dan minyak kelapa. Kedua minyak ini bersifat hypoallergenic dan tidak akan merusak permukaan kulit. 

Namun, sebelum melakukannya, bersihkan permukaan kulit terlebih dahulu menggunakan cuka dan air atau satu ons sabun cuci piring, kemudian gosok minyak dengan kain lembut.

Untuk menghindari penyerapan berlebih, permukaan kulit harus berada pada suhu kamar dan satu-satunya panas harus berasal dari tangan Anda serta gerakan kain. 

Baca juga: 5 Kesalahan Merawat Furnitur Kulit yang Sering Dilakukan 

Menghilangkan noda yang sulit

Untuk noda sulit seperti spidol permanen, Anda dapat menghilangkannya dengan menyemprotkan hair spray. Hair spray juga dapat menghilangkan noda bekas pulpen.

Selain hair spray, noda sulit juga bisa dihilangkan menggunakan minyak kayu putih dan alkohol gosok. Sementara itu, amonia umumnya tidak aman untuk permukaan kulit, tetapi dapat menghilangkan noda darah. 

Baca juga: Punya Furnitur Kulit? Begini Cara Merawatnya agar Tahan Lama

Campurkan satu bagian amonia dengan tiga bagian air, lalu gosokkan larutan tersebut pada noda, dan segera siram dengan air.

Aseton dapat merusak permukaan kulit, tetapi ini menjadi pembersih yang dapat menghilangkan beberapa jenis lem. Anda mungkin harus mengecat ulang permukaan kulit setelah menggunakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com